Tujuan diadakannya hubungan antarbangsa di dunia adalah

Tujuan diadakannya hubungan antarbangsa di dunia adalah
alwepo

A. mempercepat pertumbuhan ekonomi

B. menciptakan keamanan dan perdamaian dunia

C. saling menghormati kemerdekaan masing-masing negara

D. mempererat persahabatan dengan negara lain

E. kerja sama dalam menyelesaikan masalah internasional

 

Pembahasan

Jawaban: B

 

Tujuan utama dari hubungan antar bangsa untuk menciptakan keamanan dan perdamaian dunia adalah untuk menghindari konflik, perang, dan kekacauan internasional yang dapat merugikan banyak negara dan masyarakat di seluruh dunia. Ini adalah prinsip dasar dalam diplomasi internasional dan kerja sama antarnegara. Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai tujuan ini:

  1. Mencegah Perang: Salah satu tujuan utama hubungan antar bangsa adalah mencegah terjadinya perang antara negara-negara. Perang dapat menyebabkan kerugian besar dalam hal korban jiwa, infrastruktur, ekonomi, dan lingkungan. Oleh karena itu, mencegah perang adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga perdamaian dunia.
  2. Menyelesaikan Konflik: Negara-negara seringkali memiliki perbedaan pendapat dan konflik yang dapat muncul dalam berbagai bentuk. Tujuan hubungan antar bangsa adalah untuk menyelesaikan konflik ini melalui diplomasi, negosiasi, dan dialog. Hal ini dapat menghindari eskalasi konflik menjadi bentuk kekerasan yang lebih serius.
  3. Mempromosikan Kerja Sama: Negara-negara bekerja sama dalam berbagai bidang seperti perdagangan, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama internasional memungkinkan negara-negara untuk saling mendukung dan berbagi sumber daya, sehingga dapat menciptakan stabilitas ekonomi dan sosial yang dapat berkontribusi pada perdamaian.
  4. Membangun Kepercayaan: Hubungan antar bangsa juga bertujuan untuk membangun kepercayaan antara negara-negara. Kepercayaan adalah unsur kunci dalam menjaga hubungan yang stabil dan damai. Dengan memahami kebutuhan, kekhawatiran, dan aspirasi satu sama lain, negara-negara dapat membangun hubungan yang lebih kuat.
  5. Mengatasi Ancaman Bersama: Negara-negara bekerja sama untuk mengatasi ancaman global bersama, seperti perubahan iklim, terorisme, wabah penyakit, atau penyebaran senjata nuklir. Kerja sama internasional dalam menghadapi ancaman bersama dapat menghasilkan solusi yang lebih efektif daripada upaya individu.
  6. Membangun Hukum Internasional: Hukum internasional merupakan kerangka kerja yang mengatur perilaku negara-negara dalam hubungan antar bangsa. Membangun dan mematuhi hukum internasional adalah langkah penting dalam menciptakan aturan yang adil dan berlaku untuk semua negara.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, hubungan antar bangsa berkontribusi pada menciptakan keamanan dan perdamaian dunia yang lebih luas, yang memberikan manfaat bagi semua negara dan warga dunia secara keseluruhan.