Tips Memarkirkan Excavator

Tips Memarkirkan Excavator

alwepo.com, merupakan salah satu teknik yang harus di pahami oleh setiap operator alat berat, salah satu alat berat yang sering di pakai adalah . Memarkirkan excavator dengan benar merupakan salah satu tindakan yang harus diketahui oleh operator excavator karena sering dijumpai excavator tidak diparkir dengan benar. Selain berbahaya bagi orang lain, salah juga dapat mempengaruhi lifetime excavator tersebut.

memarkirkan excavator

1. Tempatkan tuas travel kiri dan kanan pada posisi netral untuk menghentikan excavator.

2. Kurangi kecepatan engine hingga idle rendah dengan kontrol bahan bakar.

3. Turunkan ember secara mendatar hingga bagian bawahnya menyentuh tanah.

4. Saat memarkir ekskavator di lereng, parkirkan alat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

5. Tempatkan kunci pengaman ( Lock) pada posisi terkunci.

 

Di daerah yang bersuhu dingin, ada beberapa tips penyimpanan unit keruk, yaitu:
Prosedur parkir juga harus diperhatikan, antara lain:

Jasa Service Alat Berat {kota_untuk_alat_berat}
Bahan Bakar dan Pelumas

Jika unit harus dimatikan atau disimpan untuk jangka waktu tertentu sebelum digunakan, bahan bakar bekas harus diganti dengan bahan bakar kelas suhu dingin. Dianjurkan juga untuk menggunakan minyak pelumas tipis dengan minyak pelumas untuk mendukung dan memfasilitasi lompatan. Anti beku harus digunakan pada air dingin untuk mencegah air membeku saat diparkir atau disimpan.

Baterai

Karena kebutuhan baterai, penting juga untuk memastikan tegangan suplai baterai tidak turun, karena kapasitas baterai juga berkurang seiring dengan turunnya suhu.

Read also  Jasa Service Alat Berat Papua

Body Excavator

Sebelum parkir, body harus dibersihkan dari kotoran dan air, agar segel yang disebabkan oleh kotoran tidak rusak.

Lokasi Parkir

Unit mesin harus diparkir di tempat yang keras atau di lantai semen jika parkir di pohon tidak memungkinkan. Tujuannya agar dalam waktu tertentu kekuatan dasar tempat parkir yang berat ini tetap mampu menahan beban unit, dengan keamanan kerja dan perlengkapan yang terjamin. · Saat suhu naik atau sudah tidak dingin lagi, bahan bakar, oli pelumas dan air pendingin diganti sesuai kebutuhan mesin pada suhu normal.

Safety Lock (Kunci Pengaman)

Selalu periksa dan kunci bagian perangkat setelah memarkirnya. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi water temperature gauge, engine oil pressure gauge dan fuel gauge. Setelah itu, kunci titik-titik berikut: Pintu kabin, pengisi tangki bahan bakar, kap mesin, penutup baterai, palka peralatan kiri dan kanan, dan tangki bahan bakar hidrolik.

Jasa Service Alat Berat {kota_untuk_alat_berat}

Penutup

Demikianlah tips memarkirkan excavator agar aman dan tidak terganggu oleh iklim atau kondisi yang tidak diinginkan. Semoga Bermanfaat!