Spesifikasi dan Harga Mini Excavator Komatsu PC40

alwepo. Mini Excavator Komatsu PC40 adalah sebuah alat berat yang dirancang untuk tugas-tugas penggalian dan konstruksi dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih kompak daripada excavator konvensional. Mini Excavator ini termasuk dalam kategori peralatan berat yang sering digunakan dalam proyek-proyek kecil hingga menengah, seperti pembangunan jalan, penggalian pondasi, dan pekerjaan perumahan.

Spesifikasi dan Harga Mini Excavator Komatsu PC40

Berikut adalah spesifikasi dan harga Excavator Komatsu PC40

Mesin Min Excavator Komatsu PC40

Mesin pada Mini Excavator Komatsu PC40 merupakan komponen inti yang memberikan tenaga untuk menjalankan semua fungsi operasional dari excavator ini. Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai mesin Mini Excavator Komatsu PC40:



  1. Tipe Mesin: Mini Excavator Komatsu PC40 biasanya dilengkapi dengan mesin tipe diesel. Mesin diesel digunakan pada peralatan berat seperti excavator karena daya tahan, efisiensi bahan bakar, dan torsi yang kuat.
  2. Tenaga: Daya mesin Mini Excavator PC40 berkisar antara 37 hingga 42 tenaga kuda (horsepower), tergantung pada model dan spesifikasi. Mesin yang bertenaga ini memungkinkan excavator untuk melakukan tugas penggalian dan konstruksi dengan efisien.
  3. Kapasitas Silinder: Mesin dilengkapi dengan sejumlah silinder yang menghasilkan tenaga. Kapasitas silinder umumnya bervariasi tergantung pada model dan spesifikasi, dan ini berkontribusi pada daya dan torsi yang dihasilkan oleh mesin.
  4. Sistem Pendingin: Mesin dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu operasional yang optimal. Sistem ini penting untuk mencegah overheat dan memastikan performa mesin yang stabil.
  5. Sistem Bahan Bakar: Mesin menggunakan sistem injeksi bahan bakar untuk mengontrol penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Ini membantu dalam mengoptimalkan efisiensi pembakaran dan konsumsi bahan bakar.
  6. Pembuangan Gas Buang: Mini Excavator PC40 dilengkapi dengan sistem pembuangan gas buang untuk mengarahkan gas hasil pembakaran keluar dari mesin. Sistem ini membantu mengurangi emisi gas buang dan mematuhi standar emisi yang berlaku.
  7. Turbokompresor (Opsional): Beberapa model Mini Excavator PC40 mungkin dilengkapi dengan turbokompresor. Turbokompresor meningkatkan aliran udara ke dalam mesin, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi pembakaran dan tenaga yang dihasilkan.
  8. Performa dan Efisiensi: Mesin pada Mini Excavator PC40 didesain untuk memberikan performa yang handal dan efisiensi bahan bakar yang baik. Daya torsi yang kuat dan efisiensi operasional membantu meningkatkan produktivitas dalam tugas-tugas konstruksi dan penggalian.

Berat Operasional Mini Excavator Komatsu PC40

Berat operasional adalah bobot total dari Mini Excavator Komatsu PC40 saat dalam kondisi operasional, termasuk peralatan bawaan dan cairan seperti bahan bakar, oli, dan cairan pendingin. Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai berat operasional pada Mini Excavator Komatsu PC40:

  1. Rentang Berat Operasional: Berat operasional Mini Excavator Komatsu PC40 berkisar antara 4 hingga 5 ton, tergantung pada model dan spesifikasi yang spesifik.
  2. Pengaruh Berat Operasional: Berat operasional mempengaruhi beberapa hal penting dalam pengoperasian Mini Excavator PC40:
    • Stabilitas: Berat yang sesuai membantu menjaga stabilitas excavator saat bekerja di berbagai kondisi tanah.
    • Kapasitas Angkat: Berat operasional mempengaruhi kemampuan mesin untuk mengangkat material atau beban.
    • Aksesibilitas: Berat yang tidak terlalu berlebihan memungkinkan excavator untuk bermanuver dan masuk ke area kerja yang terbatas.
  3. Transportasi: Berat operasional yang lebih rendah membuat Mini Excavator PC40 lebih mudah diangkut dari satu lokasi kerja ke lokasi lain menggunakan trailer atau truk.
  4. Distribusi Berat: Distribusi berat operasional penting untuk menjaga stabilitas. Operator harus memastikan berat distribusi merata pada semua sisi excavator.
  5. Kapasitas Tanah: Berat operasional memengaruhi tekanan yang diberikan pada tanah di bawah excavator. Ini penting untuk memastikan bahwa excavator tidak merusak atau tenggelam ke dalam tanah.
  6. Regulasi: Berat operasional juga harus mematuhi regulasi dan persyaratan hukum yang berlaku di daerah tempat excavator digunakan.
  7. Kapasitas Kerja: Berat yang sesuai memastikan bahwa Mini Excavator PC40 mampu menjalankan tugas penggalian dan konstruksi dengan efisien dan aman.

Kapasitas Bucket Mini Excavator Komatsu PC40

Kapasitas bucket mengacu pada volume material yang dapat diangkut oleh ember atau bucket pada Mini Excavator Komatsu PC40 dalam sekali siklus. Ini merupakan faktor penting dalam mengevaluasi sejauh mana excavator dapat mengangkut dan memindahkan material dalam satu kali gerakan. Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai kapasitas bucket pada Mini Excavator Komatsu PC40:



  1. Rentang Kapasitas: Kapasitas bucket pada Mini Excavator Komatsu PC40 bervariasi tergantung pada model dan spesifikasi yang spesifik.
    • Umumnya, kapasitas bucket berkisar antara 0.1 hingga 0.3 meter kubik.
  2. Pengaruh Kapasitas Bucket:
    • Pengangkutan Material: Kapasitas bucket mempengaruhi seberapa banyak material yang dapat diangkut dalam setiap gerakan. Kapasitas yang lebih besar memungkinkan untuk pengangkutan material yang lebih banyak dalam satu siklus.
    • Efisiensi Operasional: Kapasitas bucket yang sesuai dengan tugas yang dihadapi meningkatkan efisiensi penggalian dan pemuatan material.
    • Kesesuaian Tugas: Kapasitas bucket harus dipilih sesuai dengan jenis tugas yang dijalankan, sehingga excavator dapat bekerja dengan efektif dan optimal.
  3. Bahan dan Berat: Kapasitas bucket juga bergantung pada jenis material yang akan diangkut. Material yang lebih padat atau berat akan mempengaruhi beban kerja pada bucket dan excavator.
  4. Kemampuan Penyimpanan: Kapasitas bucket juga mempengaruhi kemampuan penyimpanan material setelah diangkut. Kapasitas yang tepat dapat menghindari pemborosan atau kelebihan muatan.
  5. Perubahan Bucket: Beberapa Mini Excavator PC40 mungkin dilengkapi dengan bucket yang dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan tugas. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam pengoperasian.
  6. Aksesibilitas Area Kerja: Kapasitas bucket yang tepat juga mempertimbangkan ukuran dan aksesibilitas area kerja. Bucket harus dapat masuk dan beroperasi di area dengan ruang terbatas.

Dimensi Excavator Mini Komatsu PC40

Dimensi excavator mencakup ukuran keseluruhan dan jangkauan alat keruk, yang mempengaruhi kemampuan mesin dalam mengakses area kerja dan melakukan tugas-tugas penggalian. Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai dimensi pada Mini Excavator Komatsu PC40:

  1. Panjang Keseluruhan: Panjang total Mini Excavator Komatsu PC40 tergantung pada model dan spesifikasi yang spesifik. Dimensi ini mencakup panjang dari ujung depan hingga ujung belakang mesin. Ukuran ini akan memengaruhi kemampuan untuk bermanuver di lokasi kerja dan masuk ke ruang terbatas.
  2. Lebar Keseluruhan: Lebar total excavator juga bervariasi tergantung pada model dan spesifikasi. Ukuran lebar ini dapat mempengaruhi kemampuan untuk beroperasi di area dengan akses yang terbatas, serta memberikan stabilitas saat bekerja.
  3. Tinggi Keseluruhan: Tinggi total excavator termasuk struktur atas dan bawah mesin, serta kemungkinan alat pemuat yang dipasang. Ukuran tinggi ini penting dalam memastikan bahwa excavator dapat masuk dan beroperasi di lokasi dengan ketinggian terbatas.
  4. Jarak Kerja (Reach): Jarak kerja atau jangkauan excavator adalah jarak horizontal maksimum yang dapat dicapai alat keruk dari titik pivotnya. Jarak ini memengaruhi kemampuan untuk menggali di lokasi yang sulit diakses dan mencapai area kerja yang luas.
  5. Kedalaman Penggalian Maksimum: Kedalaman penggalian maksimum mencerminkan sejauh mana alat keruk dapat mencapai ke dalam tanah. Dimensi ini penting dalam tugas-tugas penggalian yang membutuhkan kedalaman tertentu.
  6. Lebar Lagi (Track Width): Jarak antara lagu (track) pada Mini Excavator PC40. Dimensi ini memengaruhi stabilitas dan kinerja saat beroperasi di berbagai kondisi tanah.
  7. Ketinggian Terendah: Ketinggian terendah saat excavator dalam posisi tertutup. Ini penting untuk memastikan excavator dapat melewati rintangan seperti pintu atau struktur lainnya saat dipindahkan.
  8. Clearance Sisi: Jarak dari sisi mesin ke rintangan terdekat. Ini mempengaruhi kemampuan excavator untuk beroperasi di dekat tembok atau struktur lainnya.
  9. Jarak Putar Eksternal (External Swing Radius): Jarak dari titik pivot mesin ke sisi excavator yang paling eksternal saat dalam posisi ayunan. Dimensi ini memengaruhi kemampuan untuk bekerja di area dengan ruang terbatas.

Kedalaman Penggalian Mini Maksimum Excavator Komatsu PC40

  • Kedalaman penggalian maksimum dari Excavator PC40 dapat mencapai sekitar 3 hingga 3.5 meter, tergantung pada model.
  • Ini menunjukkan sejauh mana alat keruk dapat mencapai dalam penggalian.

Kecepatan Perjalanan Mini Excavator Komatsu PC40

  • Excavator ini memiliki kecepatan perjalanan yang bervariasi tergantung pada model.
  • Kecepatan perjalanan memengaruhi kemampuan untuk bermanuver di area kerja.

Sistem Hidrolik Mini Excavator Komatsu PC40

Sistem hidrolik pada Mini Excavator Komatsu PC40 merupakan komponen yang sangat penting dalam mengendalikan pergerakan berbagai bagian mesin, seperti lengan, ember, dan komponen lainnya. Sistem ini menggunakan cairan khusus yang dikenal sebagai cairan hidrolik untuk menggerakkan komponen-komponen ini dengan tekanan yang tinggi. Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai sistem hidrolik pada Mini Excavator Komatsu PC40:

  1. Pompa Hidrolik: Sistem hidrolik pada Mini Excavator PC40 dilengkapi dengan pompa hidrolik yang berfungsi untuk menghasilkan tekanan tinggi dalam cairan hidrolik. Tekanan ini digunakan untuk menggerakkan silinder hidrolik dan komponen lainnya.
  2. Silinder Hidrolik: Silinder hidrolik adalah komponen yang mengubah energi hidrolik menjadi gerakan fisik. Dalam Mini Excavator PC40, silinder hidrolik digunakan untuk mengendalikan lengan, ember, dan bagian lainnya.
  3. Klepas Hidrolik: Klepas hidrolik merupakan komponen yang memungkinkan pengendalian aliran cairan hidrolik. Dengan mengatur aliran cairan, operator dapat mengontrol gerakan berbagai komponen dengan presisi.
  4. Sistem Pilot: Beberapa model Mini Excavator PC40 mungkin dilengkapi dengan sistem pilot, yang memungkinkan operator menggunakan gaya jari yang lebih ringan untuk mengendalikan pergerakan alat keruk dan lengan.
  5. Tekanan Hidrolik: Tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh pompa hidrolik dapat diatur sesuai dengan tugas yang dihadapi. Tekanan yang tinggi memungkinkan excavator untuk melakukan tugas penggalian dan pemuatan dengan efisien.
  6. Fluida Hidrolik: Sistem hidrolik menggunakan cairan khusus yang disebut cairan hidrolik. Cairan ini memiliki sifat khusus untuk meneruskan tekanan dan menghindari kebocoran.
  7. Keamanan: Sistem hidrolik dilengkapi dengan katup pengaman (relief valve) yang membantu mencegah terjadinya tekanan berlebihan dalam sistem. Ini penting untuk menghindari kerusakan dan kebocoran.
  8. Perawatan: Sistem hidrolik memerlukan perawatan rutin, termasuk pemeriksaan level cairan hidrolik dan penyaringan cairan untuk menghilangkan partikel yang dapat merusak komponen.

Kabin Operator Mini Excavator Komatsu PC40

  • Kabin operator dirancang untuk kenyamanan dan produktivitas. Fitur-fitur seperti kursi yang dapat disesuaikan dan kontrol yang mudah dioperasikan meningkatkan pengalaman operator.

Tambahan

  • Beberapa model Excavator PC40 mungkin dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti mode kerja yang dapat dipilih, sistem pemantauan kontrol, dan teknologi keselamatan tambahan.

Harga Excavator Komatsu PC40

  • Harga Komatsu PC 40 MR-2 Bekas Rp 345.000.000
    Komatsu PC 40 Canopy Bekas Rp 385.000.000
    Komatsu PC 40 Cabin Bekas Rp 410.000.000

Berikut adalah tabel spesifikasi lengkap untuk Mini Excavator Komatsu PC40:



Spesifikasi Nilai
Boom/Stick Excavator Option 1
Max Cutting Height 17.1 ft (5 m)
Max Digging Depth 11.2 ft (3 m)
Max Loading Height 11.6 ft (3 m)
Max Reach Along Ground 18.1 ft (5 m)
Max Vertical Wall Digging Depth 8.9 ft (2 m)
Shipping Height of Unit 8.5 ft (2 m)
Shipping Length of Unit 17.2 ft (5 m)
Boom/Stick Excavator Option 2
Max Cutting Height 17.8 ft (5 m)
Max Digging Depth 12.8 ft (4 m)
Max Loading Height 12.3 ft (4 m)
Max Reach Along Ground 19.8 ft (6 m)
Max Vertical Wall Digging Depth 10.3 ft (3 m)
Shipping Height of Unit 8.5 ft (2 m)
Shipping Length of Unit 17.2 ft (5 m)
Dimensi
Height – Top of Cab 8.5 ft (2 m)
Tail Swing Radius 3.5 ft (1 m)
Width to Outside of Tracks 6.5 ft (2 m)
Mesin
Aspiration Natural
Displacement 121.8 cu in (0 m)
Engine Model 4D84E-3EC
Net Power 37.8 hp (28 kw)
Power Measured @ 2500 rpm
Spesifikasi Operasional
Cooling System Fluid Capacity 2 gal (8 l)
Engine Oil Capacity 2.3 gal (8 l)
Fuel Capacity 15.9 gal (57 l)
Hydraulic Pump Flow Capacity 29.1 gal/min (110 l/min)
Hydraulic System Fluid Capacity 18 gal (68 l)
Hydraulic System Relief Valve Pressure 3843.6 psi
Operating Weight 10295.6 lbs (4,670 kg)
Mekanisme Ayunan
Swing Speed 9 rpm
Undercarriage
Ground Pressure 3.9 psi
Max Travel Speed 2.7 mph (3 kph)
Shoe Size 15.8 in (38 cm)
Track Gauge 5.2 ft (2 m)

Spesifikasi Excavator Komatsu PC40 dapat bervariasi tergantung pada model dan generasi. Informasi ini memberikan gambaran umum mengenai mesin, performa, dimensi, dan fitur yang mungkin ada pada Excavator PC40. Pastikan untuk merujuk pada sumber resmi atau dokumentasi dari Komatsu untuk informasi yang lebih spesifik mengenai model tertentu. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com