10 Tips Perawatan Sepeda Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

10 Tips Perawatan Sepeda Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

alwepo.com, Perawatan Sepeda motor listrik – Seperti kita ketahui sepeda motor listrik semakin banyak digemari dan diminati oleh masyarakat terlebih di karenakan banyak sekali keuntungan dari memakai . Salah satu dampak yang paling terasa dengan menggunakan kita bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) seperti pertamax, dan pertalite. Terlebih seperti kita ketahui bersama telah terjadi kenaikan harga BBM.

sepeda motor listrik kymco

Dari sekian banyaknya keuntungan yang bisa kita dapatkan tentu saja terdapat kekurangannya. Salah satu kekurangan dari penggunaan sepeda motor listrik tentu masalah kelistrikan sendiri, jika kita melakukan secara benar tentu akan lebih awet dan tahan lama. Namun jika kita mengabaikan perawatannya tentu tidak akan tahan lama.

Terlebih lagi ketika musim penghujan, air menjadi musuh utama dari perawatan sepeda motor listrik anda. Maka perlu kita mengetahui apa saja perawatan sepeda motor listrik yang harus kita ketahui dan pahami agar motor listrik kita awet dan tahan lama?

 

Perawatan Sepeda Motor Listrik

Berikut tips dalam melakukan perawatan sepeda motor listrik agar awet dan tahan lama:

Pemeriksaan Ban Luar

Tips perawatan sepeda motor listrik ke dua yaitu memeriksa ban luar. Bukan hanya motor listrik, kendaraan lainnya tentu bisa aman dikendarai apabila ban luarnya masih bagus. Oleh karena itu, anda harus senantiasa memperhatikan kondisi ban luar motor listrik sebelum digunakan. Apabila sudah halus atau gundul, anda jangan coba-coba untuk tetap menggunakannya.

Ban adalah salah satu komponen wajib yang harus rutin diperiksa keadaannya seperti rotasi ban dan posisi ban. Kedua aspek tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Rotasi ban membuat laju ban lebih teratur saat di kemudi sedangkan posisi ban membuat kemudi lebih terasa ringan.

Read also  160 Alamat Showroom Mobil Palangkaraya

Memeriksa Tekanan Angin

Langkah perawatan lainnya yang perlu anda lakukan untuk menjaga performa motor yaitu mengecek tekanan anginnya. Tips yang satu ini bukan hanya bisa diterapkan pada motor listrik, akan tetapi juga kendaraan lainnya.

Untuk motor listrik, pastikan tekanan anginnya sesuai dengan kebutuhan. Ban depan harusnya memiliki tekanan angin 30 PSI, sementara ban belakangnya 35 PSI. Dengan tekanan angin yang pas, maka motor listrik bisa melaju dengan aman dan nyaman. Pengguna juga bisa mengendalikannya dengan mudah.

Memeriksa Kampas Rem

Sistem pengereman adalah satu satu bagian yang wajib diperiksa secara rutin. Sistem pengereman memiliki fungsi yang sangat vital pada kendaraan. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk motor listrik, melainkan semua jenis motor.

Usahakan melakukan pengecekan kampas rem baik untuk ban depan ataupun ban belakang secara rutin. Paling tidak setiap dua atau tiga bulan sekali untuk melihat kondisinya. Jika kondisinya sudah menurun maka sebaiknya dilakukan penggantian.

Memeriksa Bateri Motor

perawatan sepeda motor listrik

Tentu kita semua tahu bahwa memegang peranan yang sangat penting dalam motor listrik. Tanpa baterai, motor listrik tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, selalu perhatikan bagian baterai atau power agar kualitas dan performa motor listrik tetap terjaga dengan baik.

Di tengah musim hujan, pemeriksaan bagian baterai semakin dianjurkan. Perawatan motor trolling ini penting karena terkena air dapat menyebabkan korsleting baterai. Dalam hal ini, komponen dapat rusak atau bahkan terbakar. Jadi jangan dengan sengaja mengemudi saat hujan atau berusaha mati-matian untuk mengalahkan arus.

Anda juga dapat melepas soket atau baterai sebagai tindakan pencegahan saat mesin tidak digunakan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan banjir yang tiba-tiba. Namun, jika motor listrik terendam atau hujan, jangan langsung dihidupkan. Tunggu sampai motor listrik benar-benar kering.

Selanjutnya, periksa baterai. Jika Anda menggunakan baterai tipe SLA (sealed lead acid), Anda harus memeriksa ketersediaannya. Jika jenis baterai lithium berbeda, tetapi akan sangat membantu jika Anda dapat menggantinya dengan baterai baru jika terendam air.

Memeriksa dan Melumasi Part Electrical

Perawatan motor listrik agar tetap prima selanjutnya yaitu melumasi beberapa part electrical yang dibawanya. Misalnya saja terminal battery. Dalam melakukannya, anda perlu menggunakan pelumas khusus. Dengan begitu, hasil yang didapat akan lebih optimal.

Selain part electrical tersebut, berikan juga pelumasan di bagian komponen yang bergerak ataupun bergesekan dengan pelumas. Tanda komponen kurang pelumas itu sendiri bisa diketahui dari timbulnya bunyi saat bergerak. Jangan tunda lagi, segera beri pelumas.

Jangan Lupa Ganti Van Belt

Motor listrik Gesits memiliki ciri khas penggunaan van belt yang posisinya cukup terekspos dari luar. Fungsi van belt ini adalah untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju.

Read also  200 Daftar Alamat Showroom Mobil Bandar Lampung

Para pemilik harus mengetahui, van belt tersebut memiliki usia pakai tertentu, yaitu 3.000 km. Jika sudah mencapai jarak tempuh sejauh itu sebaiknya dilakukan penggantian, walaupun tarikan motor dirasa masih baik-baik saja.

Jangan Menerobos Banjir

Kekhawatiran yang mungkin saja dirasakan calon konsumen ketika hendak membeli motor listrik adalah keamanan komponen listrik saat dihadapkan pada kondisi hujan atau banjir.

Untuk hal ini sebenarnya konsumen tak perlu pusing karena motor listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tetap aman. Tapi sebagai langkah antisipasi, ada baiknya pemilik tidak nekat menerobos banjir.

Melakukan Servis Rutin

sepeda motor listrik lagi ngecas

Untuk melakukan perawatan sepeda motor listrik setiap pemilik disarankan mengunjungi bengkel resmi. Salah satu alasannya karena sepeda motor listrik merupakan barang baru di Indonesia dan tentu tidak semua bengkel yang tidak resmi memahami perbaikan-perbaikan ataupun trouble shooting pada sepeda motor listrik.

Karena itu, akan lebih aman jika perawatannya dilakukan oleh pihak yang benar-benar mengerti. Sama seperti motor berbahan bakar minyak, servis rutin dilakukan untuk mengecek bagian-bagian penting dari kendaraan.

Pahami Buku Panduan

Tips perawatan sepeda motor listrik yang terakhir adalah memahami buku panduan, pemilik disarankan memahami anjuran-anjuran yang terdapat di dalam buku manual atau panduan pemilik. Biasanya dealer sudah melengkapi buku panduan dengan tips-tips yang dapat membantu kamu ketika terjadi kerusakan ringan atau kondisi abnormal yang bisa kamu perbaiki sendiri di rumah.

 

Demikianlah 10 tips perawatan sepeda motor listrik yang perlu kamu ketahui untuk sebagai antisipasi dan menghindari kerusakan yang bisa terjadi akibat hal-hal yang tidak kita inginkan. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, alangkah baiknya kamu bawa ke bengkel motor terdekat untuk di lakukan service, ataupun ke bengkel resmi terdekat.

 

Pertanyaan Seputar Perawatan Sepeda Motor Listrik

Sepeda Motor Listrik Viar

Apakah sepeda motor listrik perlu STNK?

Jadi motor listrik juga membutuhkan STNK agar bisa berkendara di jalanan. Kasi STNK Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan motor listrik perlu STNK itu ditegaskan dalam PP 55 tahun 2012 tentang Kendaraan.

Berapa harga sepeda motor listrik Viar?

Harganya bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasi sepeda motor listrik itu sendiri, misal Viar Q1 Harganya 18,95 Juta

Mengapa sepeda motor listrik dilarang?

Satlantas Polres OKU dan Polrestabes Makassar menyatakan, sepeda listrik dilarang di jalan raya karena dinilai berbahaya bagi pengguna, pengendara lain, dan pengguna jalan lain.

Apa kelemahan motor listrik?

Kekurangan motor listrik yang pertama adalah tempat pengisian ulang baterai yang masih terbatas. Pertamina saat ini memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Green Energy Station (GES) yang juga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Apa bahaya sepeda listrik?

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa sepeda listrik dapat membahayakan pengendara dalam kelompok usia tertentu. Bahkan risiko dapat meningkat hingga dua kali lipat dalam kasus tertentu jika sepeda listrik digunakan oleh orang berusia 60 tahun ke atas.

Berapa tahan sepeda listrik?

Menurut pemaparan Sales Pusat Selis Kelapa Gading, Rudi kepada kumparanBISNIS, untuk daya tahan baterai sepeda listrik bisa menempuh perjalanan nonstop hingga 50 km apabila baterainya terisi penuh

Sepeda listrik untuk usia berapa?

Untuk menggunakan sepeda listrik, seseorang juga harus menggunakan helm, berusia minimal 12 tahun, dan tidak diizinkan mengangkut penumpang (kecuali dilengkapi tempat duduk penumpang). Selain itu, warga juga dilarang melakukan modifikasi daya motor yang dapat meningkatkan kecepatan.

Sepeda listrik pake apa?

Sepeda listrik menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaga motor listrik.

Apakah motor listrik bisa ke jalan raya?

Sepeda motor listrik tak bisa digunakan di jalan raya karena tak melalui proses uji tipe di Kementerian Perhubungan seperti sepeda motor listrik.

Apakah sepeda listrik bisa digunakan saat hujan?

Banyak yang takut kalau motor listrik rawan rusak atau bermasalah jika dipakai dalam kondisi hujan atau saat lewat genangan. Faktanya, meskipun bertenaga listrik dan punya tegangan tinggi, motor listrik bisa digunakan dengan aman layaknya motor biasa saat kondisi hujan dan banyak genangan.

Berapa Kapasitas sepeda listrik?

Setiap model sepeda listrik memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Beberapa kapasitas baterai yang dimiliki sepeda listrik terbaru adalah 48V / 12AH, 48V / 10AH serta 36V 12Ah.

Berapa watt Kelistrikan sepeda motor?

Beberapa motor listrik hanya perlu menggunakan setidaknya 450 Watt untuk pengisian secara fast charging, dan membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam untuk mendapatkan baterai dalam kondisi penuh. Sedangkan untuk pengisian normal, dikatakan hanya membutuhkan 270-300 Watt.

Berapa berat sepeda listrik?

berat rata-rata sepeda listrik itu antara 18-22 kilogram. Bandingkan dengan berat rata-rata sepeda lipat biasa yang hanya 10-13 kilogram.

Berapa kecepatan sepeda listrik goda?

Spesifikasi Sepeda Listrik Goda

Untuk bagian mesinnya sendiri, Goda 170 Golden ini didukung oleh penggunaan dinamo motor berdaya 800 watt. Dengan begitu kecepatan maksimal yang bisa dihasilkan adalah 60 kilometer per jam.