Pengertian Stop Kontak dan Jenis-Jenisnya Serta Cara Pemasangannya


alwepo, Stop kontak, yang juga dikenal sebagai colokan listrik, adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan peralatan listrik ke sumber listrik, seperti listrik rumah atau sumber daya listrik lainnya. Fungsinya sangat sederhana, yaitu memberikan koneksi listrik yang aman dan mudah digunakan bagi beragam peralatan, mulai dari perangkat elektronik, lampu, hingga peralatan rumah tangga.

Stop kontak biasanya terdiri dari dua atau lebih lubang atau soket yang dirancang sesuai dengan jenis dan standar tertentu. Masing-masing lubang ini digunakan untuk menerima colokan atau steker dari peralatan listrik dan bisa kamu beli di toko listrik terdekat. Saat colokan dimasukkan ke dalam lubang stop kontak, maka aliran listrik akan mengalir dan memberikan tenaga pada peralatan yang terhubung.

Jenis-Jenis Stop Kontak

Ada berbagai jenis stop kontak yang tersedia, masing-masing dengan desain dan fungsi khusus. Berikut beberapa jenis stop kontak yang umum digunakan:

1. Stop Kontak Ganda (Duplex Outlet)

Stop kontak ganda adalah yang paling umum digunakan. Mereka memiliki dua lubang yang memungkinkan dua perangkat terhubung secara bersamaan. Desain ini sangat praktis untuk penggunaan sehari-hari.



2. Stop Kontak USB (USB Outlet)

Stop kontak USB memiliki lubang standar bersama dengan lubang USB yang memungkinkan pengisian langsung perangkat elektronik yang kompatibel dengan USB seperti ponsel atau tablet. Ini sangat praktis untuk menghindari perlu adanya adaptor tambahan.

3. Stop Kontak Cerdas (Smart Outlet)

Stop kontak cerdas memiliki kemampuan terhubung ke jaringan Wi-Fi dan dapat dikendalikan melalui aplikasi ponsel pintar. Mereka memungkinkan pengguna untuk mengendalikan daya pada perangkat yang terhubung secara remote.



4. Stop Kontak Tahan Air (Weatherproof Outlet)

Stop kontak tahan air didesain untuk digunakan di luar ruangan atau dalam lingkungan yang lembab. Mereka dilengkapi dengan penutup yang rapat untuk melindungi koneksi listrik dari elemen-elemen cuaca.

5. Stop Kontak Gantung (Hanging Outlet)

Stop kontak gantung biasanya digunakan di tempat-tempat seperti dapur atau garasi, di mana peralatan mungkin perlu digantung. Mereka memiliki kabel panjang yang memungkinkan peralatan digantung di tempat yang nyaman.

Jenis-Jenis Stop Kontak di Seluruh Dunia

Pengertian Stop Kontak dan Jenis-Jenisnya Serta Cara Pemasangannya
alwepo

Stop kontak adalah komponen penting dalam sistem listrik di seluruh dunia, dan setiap negara sering memiliki jenis stop kontak yang berbeda. Perbedaan ini dapat melibatkan bentuk fisik, jumlah lubang, voltase, dan desain keseluruhan. Mari kita jelajahi beberapa jenis stop kontak yang digunakan di berbagai negara di seluruh dunia.

1. Tipe A

Tipe A adalah jenis stop kontak yang umum digunakan di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Mereka memiliki dua lubang dengan jarak yang lebar, yang dirancang untuk menerima steker jenis A dan B. Sistem voltase yang digunakan adalah 100-127 V dengan frekuensi 60 Hz.

2. Tipe B

Tipe B adalah varian dari tipe A dan digunakan di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan beberapa wilayah Amerika Selatan. Mereka memiliki dua lubang, seperti tipe A, tetapi juga memiliki lubang grounding tambahan yang besar. Ini adalah jenis yang lebih aman karena memiliki grounding yang kuat. Sistem voltase yang digunakan adalah 100-127 V dengan frekuensi 60 Hz.

3. Tipe C

Tipe C adalah jenis stop kontak yang umum digunakan di Eropa, Asia, dan beberapa negara di Amerika Selatan dan Afrika. Mereka memiliki dua lubang silinder tanpa grounding. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

Stop Kontak Tipe C

4. Tipe D

Tipe D adalah jenis stop kontak yang digunakan di beberapa negara di India dan Afrika. Mereka memiliki tiga lubang segitiga dengan lubang grounding yang besar. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

5. Tipe E

Tipe E adalah jenis stop kontak yang umum digunakan di Prancis dan beberapa negara di Eropa. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

6. Tipe F

Tipe F adalah varian dari tipe E dan digunakan di Prancis dan beberapa negara Eropa lainnya. Mereka juga memiliki dua lubang dengan grounding melalui pin di tengah, tetapi memiliki desain yang berbeda. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

7. Tipe G

Tipe G adalah jenis stop kontak yang digunakan di Inggris, Irlandia, dan beberapa negara di Asia dan Afrika. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

8. Tipe H

Tipe H adalah jenis stop kontak yang digunakan di Israel dan beberapa negara Timur Tengah. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

9. Tipe I

Tipe I adalah jenis stop kontak yang digunakan di Australia, Selandia Baru, dan sebagian besar negara di Amerika Selatan dan Asia. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

10. Tipe J

Tipe J adalah jenis stop kontak yang digunakan di Swiss. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

11. Tipe K

Tipe K adalah jenis stop kontak yang digunakan di Denmark dan Greenland. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

12. Tipe L

Tipe L adalah jenis stop kontak yang digunakan di Italia dan beberapa negara di Eropa. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

13. Tipe M

Tipe M adalah jenis stop kontak yang digunakan di Afrika Selatan dan beberapa negara di Afrika. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220-240 V dengan frekuensi 50 Hz.

14. Tipe N

Tipe N adalah jenis stop kontak yang digunakan di Brazil. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 100-240 V dengan frekuensi 60 Hz.

15. Tipe O

Tipe O adalah jenis stop kontak yang digunakan di Thailand. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220 V dengan frekuensi 50 Hz.

16. Tipe P

Tipe P adalah jenis stop kontak yang digunakan di Denmark dan Greenland. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

17. Tipe Q

Tipe Q adalah jenis stop kontak yang digunakan di Guatemala. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 120 V dengan frekuensi 60 Hz.

18. Tipe R

Tipe R adalah jenis stop kontak yang digunakan di Korea Selatan. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220 V dengan frekuensi 60 Hz.

19. Tipe S

Tipe S adalah jenis stop kontak yang digunakan di Swiss. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

20. Tipe T

Tipe T adalah jenis stop kontak yang digunakan di Inggris, Irlandia, dan beberapa negara di Asia dan Afrika. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

21. Tipe U

Tipe U adalah jenis stop kontak yang digunakan di Denmark dan Greenland. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

21. Tipe V

Tipe V adalah jenis stop kontak yang digunakan di India. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

22. Tipe W

Tipe W adalah jenis stop kontak yang digunakan di Namibia. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220 V dengan frekuensi 50 Hz.

23. Tipe X

Tipe X adalah jenis stop kontak yang digunakan di Thailand. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 220 V dengan frekuensi 50 Hz.

24. Tipe Y

Tipe Y adalah jenis stop kontak yang digunakan di Siprus. Mereka memiliki tiga lubang dengan dua lubang yang sejajar dan satu lubang grounding melalui pin di tengah. Sistem voltase yang digunakan adalah 240 V dengan frekuensi 50 Hz.

25. Tipe Z

Tipe Z adalah jenis stop kontak yang digunakan di beberapa negara Eropa. Mereka memiliki dua lubang dengan grounding melalui dua pin miring di bagian bawah. Sistem voltase yang digunakan adalah 230 V dengan frekuensi 50 Hz.

Setiap negara memiliki peraturan khusus tentang jenis stop kontak yang digunakan untuk keperluan keselamatan dan konsistensi. Ketika Anda bepergian ke luar negeri atau membeli peralatan elektronik dari luar negeri, pastikan untuk memeriksa jenis stop kontak yang sesuai dan memahami kebutuhan konverter atau adaptor yang mungkin Anda perlukan.

Cara Pemasangan Stop Kontak

Pemasangan stop kontak sebaiknya dilakukan oleh tenaga listrik terlatih dan profesional. Namun, pemahaman dasar tentang cara pemasangan dapat membantu Anda berkomunikasi dengan teknisi listrik dan memastikan pemasangan yang benar. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pemasangan stop kontak:

1. Matikan Listrik

Sebelum memulai pemasangan, pastikan untuk mematikan aliran listrik ke area di mana Anda akan memasang stop kontak. Ini adalah langkah kunci untuk menghindari kecelakaan listrik.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi yang tepat untuk memasang stop kontak. Pastikan tempat yang Anda pilih memiliki akses yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan peralatan.

3. Buat Lubang pada Dinding

Buat lubang pada dinding sesuai dengan ukuran stop kontak. Lubang ini akan digunakan untuk meletakkan kotak stop kontak.

4. Pasang Kotak Stop Kontak

Pasang kotak stop kontak ke dalam lubang yang telah dibuat. Pastikan kotak tersebut aman dan terpasang dengan baik.

5. Sambungkan Kabel Listrik

Sambungkan kabel listrik dari kotak stop kontak ke panel listrik. Ini melibatkan pekerjaan kabel, yang sebaiknya dilakukan oleh teknisi listrik berlisensi.

6. Pasang Stop Kontak

Pasang stop kontak ke kotak yang telah terpasang pada dinding. Pastikan untuk mengamankan stop kontak dengan baik.

7. Uji Coba

Setelah pemasangan selesai, aktifkan aliran listrik dan uji coba stop kontak dengan colokan peralatan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Harga Stop Kontak

Berikut tabel dengan Merk, Harga, dan Kota stop kontak:

Merk Harga Kota
CAHAYA – Stop Kontak Kabel 2/3/4/5 Lubang & 1.5/3/5M Rp10.925 Kab. Tangerang
Stop Kontak Colokan 3 4 5 Lubang Panjang Kabel 1,5M 3M 5M 10M Rp10.454 Kota Surabaya
Saklar Murah Stop Kontak On/Off Sakelar Harga Super Promo Warna Cream Rp3.152 Kab. Tangerang
Stop Kontak arde Colokan 1 2 3 4 5 lubang lampu MEIKO SNI Rp6.498 Kota Jakarta Barat
Socket + cable 2/3/4/5 hole 3/5 meters SNI Rp3.950 Kota Surabaya
Stop Kontak Arde Terminal Kuningan Uticon 1 2 3 4 5 6 Lubang SNI Rp6.659 Kab. Bogor
Myvo BLACK SERIES 2L 3L 4L 5L Stop Kontak Arde Switch Lampu Plus Kabel 1,5Y 3Y 5Y Rp13.034 Kota Surabaya
BROCO Saklar & Stop Kontak Tanam Galleo dan New Gee – Saklar Engkel Tunggal Seri Ganda Stopkontak Inbow IB Rp11.446 Kota Surabaya
Stop Kontak 2,3,4 Lubang Panjang 1.5M + Kabel Rp7.686 Kota Surabaya
UTICON STOP KONTAK ARDE 3 LUBANG PUTIH ST-138 (HARGA GROSIR) ST138 2P LOBANG SNI ORIGINAL PROMO MURAH Rp13.550 Kota Surabaya
Morgen MG-883 NPC IB SAKLAR ENGKEL + STOP KONTAK ARDE Inbow Inbo Model New Gee Series / IB Satu Saklar + SK Arde Rp6.780 Kota Surabaya
STOP KONTAK IB BROCO / INBOW TANAM STOP ARDE / NEW GEE UREA 5511U Rp12.439 Kab. Sukabumi
MIKOTEK Saklar IB Stop Kontak & Saklar MT-751 IB Rp4.564 Kota Jakarta Utara
Morgen Saklar IB B Series Stop Kontak Arde , Engkel , Seri , TV NPC Rp4.999 Kota Tangerang Selatan
Saklar Stop Kontak Arde Inbow Socket IB Tempel 1 Lubang Rp4.650 Kota Jakarta Utara
STOP KONTAK ARDE 2 LUBANG BROCO / TERMINAL / COLOKAN LISTRIK Rp27.129 Kab. Sukabumi
Visero Steker Arde L Hitam Putih Super Murah Standar SNI Rp1.950 Kota Tangerang
Hokisun HKS-209 Steker T Arde Saklar Switch Lampu 3 Lubang / Colokan Listrik Rp15.631 Kota Surabaya
10A T Multi Murah Kuningan / Stop Kontak Kaki 3 / Stop Kontak Kaki T Rp3.232 Kota Surabaya
Sakral ib ob stop kontak ib ob Rp2.599 Kota Bogor
saklar + stop kontak engkel stop OB MIKAWA MGK-703 Rp4.000 Kota Jakarta Utara
STOP KONTAK IB BRIGHT-G / COLOKAN LISTRIK INBOW BRIGHT G SNI MURAH Rp4.797 Kab. Sukabumi
Stop Kontak + Saklar Bright-G IB – 803 Rp4.850 Kab. Karawang
DEXTA Terminal Stop Kontak Listrik Gepeng 3 Lubang Tipis DX-933 SNI Rp2.800 Kab. Gresik
CAHAYA – Saklar IB Engkel/Seri/Triple/Stop Kontak Arde / Warna Cream SC-101/2/3/4/5/6 Rp5.404 Kab. Tangerang
STOP KONTAK ARDE 4 LUBANG BROCO / TERMINAL / COLOKAN LISTRIK Rp34.591 Kab. Sukabumi
MIKOTEK Saklar OB Stop Kontak dan Saklar MT-751 OB Rp5.109 Kota Jakarta Utara
Stop Kontak Inbow Stop Kontak Tanam Dinding DUTRON Rp6.238 Kota Jakarta Barat
MORGEN STOP KONTAK ARDE + SAKLAR ENGKEL IB MG-883 NCP Rp5.978 Kota Depok
Stopkontak Panasonic CP Plus Pengaman Rp17.622 Kab. Bandung
STOP KONTAK IB BROCO GALLEO / STOP KONTAK ARDE INBOW BROCO GALEO Rp12.504 Kab. Sukabumi
STOP KONTAK 2 / 3 / 4 LUBANG MERK DEXICON TERMURAH, SUDAH SNI Rp3.260 Kab. Sukabumi
steker lampu tofuda/colokkan on of /saklar on of 1 pcs asli SNI Rp6.000 Kota Depok
Soket saklar dinding SHINY BLACK PREMIUM, hitam mengkilat 1/2/3 Gang 1 Arah, Stop kontak/USB High Quality Rp28.056 Kota Jakarta Barat
Colokan T Arde Cabang Empat Switch On Off 317S/ Stop Kontak Rp9.801 Kota Surabaya
Stop Kontak 2 Lubang + Lampu indikator ASABER Rp5.699 Kab. Bogor
BROCO GALLEO SAKLAR SERI / SAKELAR DOUBLE INBOW + STOP KONTAK G26251 WID PER 1 PCS Rp44.194 Kab. Bandung
BROCO GALLEO G151 Stop Kontak Arde IB / Colokan Arde IB Broco Galleo Rp13.653 Kota Depok
STOP KONTAK + KABEL 2,3,4 LUBANG 1,5/3 METER SNI / TERMINAL LISTRIK Rp12.500 Kab. Garut
Stop Kontak Gepeng Mitsui 2 3 4 Lubang SNI + indikator MSC 082,083,084 Rp4.399 Kota Tangerang

 

Kesimpulan

Stop kontak adalah salah satu komponen listrik paling penting dalam rumah dan berbagai lingkungan. Pemahaman tentang berbagai jenis stop kontak dan cara pemasangannya yang benar sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam penggunaan perangkat listrik. Pastikan selalu menggunakan teknisi listrik berlisensi untuk pemasangan yang rumit dan untuk menjaga keandalan sistem listrik Anda.

Demikianlah artikel tentang “Pengertian Stop Kontak dan Jenis-Jenisnya Serta Cara Pemasangannya”. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com