Mengenal Lebih Jauh Mengenai Hot Stamping Foil

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Hot Stamping Foil

Membeli sebuah buku tulis yang memiliki sampul buku yang gambarnya menarik dan berkilau merupakan sebuah kesukaan tersendiri. Jadi, saat mereka mau mencatat pasti nanti akan lebih semangat dan menarik dalam menulis catatan pada buku yang dibeli tadi.
Tapi, pernahkan anda berfikir bahwa bagaimana cara membuat gambar sampul buku sebagus itu? Dengan desain sampul yang berkilau? Atau hasil cetak sampul bisa timbul?. Untuk membuat hal semacam tersebut, di dalam dunia printing disebut dengan Hot Stamping Foil atau hot print.
Tapi apa sih sebenarnya Hot Stamping Foil itu dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas bersama.

236841645 611104783190060 106237186700926795 n

Pengertian Hot Stamping Foil

Hot Stamping Foil merupakan pengaplikasian pigmen atau kertas lembaran yang mengandung logam yang akan direkatkan pada bahan media cetak dengan menggunakan sistem pemanasan dan tekanan. Prosesnya dengan lempengan cetakan logam akan menekan bagian kertas timah ke permukaan dibawah tekanan dan panas, sampai menghasilkan foil cetakan sesuai dengan desaign pada permukaan media cetak tersebut.
Penerapan Hot Stamping Foil Ini digunakan untuk mencetak kartu ucapan, undangan, sampul buku, wadah kosmetik, dan sebagainya. Hot stamping merupakan teknik mendekorasi dengan biaya efesien, mudah diatur, dan dapat menghasilkan produk yang dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Bagaimana Cara Penggunaan Dari Hot Stamping Foil

Hot Stamping Foil adalah metode cetak kering untuk mentransfer pigmen warna atau logam dari continuous rool ke barang-barang yang dihiasi seperti kertas, papan, plastik, bingkai kayu, dan kain dibantu dengan menggunakan dengan panas, tekanan, dan waktu.
Ketika clise atau die tersebut terhubung ke piring dan dipanaskan, proses foiling tercapai. Foil kemudian diletakkan di antara clise atau die dan bahan dekoratif. Foil diterapkan panas dan tekanan melalui die, panas melepaskan foil dari media film. Foil meleleh untuk menghasilkan gambar yang berbeda dalam desain sesuai dengan area di mana tekanan diterapkan.

Kenapa Hot Stamping Foil Termasuk Produk Yang Unik?

Hot Stamping Foil dikategorikan sebagai produk yang unik dan tidak bisa digantikan dengan bahan yang lain. Karena hal inilah, bahan ini dikaterogikan sebagai produk yang uni. Kenapa bisa demikian? Berikut beberapa alasannya :
  1. Hot Stamping dapat memberikan hasil cetakan yang sangat cerah
  2. Mampu memberikan warna yang spesial seperti emas terang, pola kayu yang natural.
  3. Mampu diterapkan pada berbagai bahan atau material yang cukup luas, bersubstrasi, atau bercorak dengan sangat mudah, seperti pigura, pensil, dan lain-lain.
  4. Dapat membuat desain cetakan akan lebih menonjol dari cetakan tinta yang lain, sehingga dapat menambah daya tarik yang sangat khas dan menambah perhatian
Read also  Manfaat liburan sebagai media self healing

 Penerapan Hot Stamping Foil

Penerapan dari hot Stamping foil pada sebuah produk merupakan suatu hal yang menakjubkan. Karena dengan mengaplikasikan hot Stamping oil, produk anda akan mendapatkan nilai yang lebih berkesan dan kualitas produk juga meningkat.  Banyak sekali dari usaha yang menerapkan penggunaan dari hot stamping foil ini terutama pada bidang industri, antara lain :
  1. Industri Seni Grafis seperti pembuatan kartu ucapan, tas belanja, label, bussiness card, serta produk berbahan kertas lainnya.
  2. Industri Plastik Moulding seperti kartu plastik, sisir, jam dinding, produk plastik yang dibuat dari PP, PS, dan sebagainya
  3. Industri Furniture seperti bingkai kayu, medium density fiber board
  4. Industri Tekstil
  5. Alat alat tulis seperti pen dan pensil.
Itulah sedikit penjelasan mengenai Hot Stamping Foil. Mulai dari penjelasannya, cara kerja, kelebihan, dan penerapannya pada kehidupan sehari. Dengan menggunakan Hot Stamping Foil, anda bisa menambah nilai pada produk dan juga menambah daya tariknya juga. Semoga bermanfaat !!!