Stasiun Press (Pengempaan)

IMG 20191010 WA0092
Stasiun Press


Stasiun Pengempaan (Pressing Stasion)
Fungsi station press yaitu untuk menyuling minyak pada daging buah kelapa sawit. Alat-alat yang terdapat pada station pressing yaitu:
A. Digester
B. Screw Press
C. Cake Breaker Conveor (CBC)
D. Sand trap tank dan Crude Oil Tank
A. Digester
Digester yaitu alat pelumat buah yang berfungsi melumat berondolan yang masuk. Didalam digester ini terdapat 10 stering arn (lengan pengaduk) dan Exspelhr (penolak buah) dan berfungsi melumat dan mendorong buah dengan cara berputar dalam putaran digester ini 24 Rpm. Isi digester minimal ¾ dari kapasitas digester dan waktu buah dalam digester 15-20 menit, stering arm, exspelhr dan temperature steam di gester 90-95o C.
Digester yang sering juga disebut ketel aduk yang terdiri dari bejana yang dilengkapi dengan alat perajang dan pemanas bertujuan pelumatan agar daging buah terlepas dari biji dan menghancurkan sel-sel yang mengandung minyak, sehingga minyak ini dapat di peras pada proses pengempaan. Pelumatan dilakukan dalam digester yang berbentuk silinder Buah yang masuk dari digester di dorong oleh ulir dan ditahan oleh kuas sebagai pegempa. Pada pengadukkan dilakukan pemanasan untuk memudahkan pelumatan buah dengan menggunakan air panas bersuhu sekitar 90-95 0C.    
   
Hal-hal yang akan diperhatikan selama proses pelumatan adalah sebagai berikut:
a. Ketel pelumatan harus selalu penuh, agar tekanan yang ditimbulkan dapat mempertinggi gaya gesekan untuk memperoleh hasil yang sempurna
b. Minyak terbentuk pada proses pelumatan harus dikeluarkan, karena bila minyak dan air terbentuk tidak dikeluarkan maka akan dapat bertindak sebagai bahan pelumas sehingga gesekan akan berkurang.  
c. Tekanan screw press adalah 30-70 kg/cm2, dengan putaran 12 Rpm. Alat pegempa ini terdiri dari sebuah silinder (Press cages) yang berlubang-lubang dan didalamnya terdapat dua ulir (Screw) yang berputar melawan arah, tekanan gempa diatur oleh dua buah ponus (Cones) yang berada pada bagian ujung pegempa, yang dapat digerak maju mundur secara hidrolis. Tekanan cone dijaga 50-60 kg/cm2. Fungsi alat pegempa (Screw press) adalah untuk memisahkan Crude Oil dari daging buah (Misocrap) dan biji (Nutt), kemudian ampas masuk ke CBC sedangkan minyak masuk ke Santrap Tank.
B. Pengempaan (Pressing)
Stasiun pengempaan adalah stasiun pengambilan minyak dari pericarpx (daging buah), dilakukan dengan melumat dan mengempa. Pelumat dilakukan dalam digester, sedangkan pengempaan dilakukan dalam kempa ulir ( screw press). Masa hasil proses hasil pengadukan dan digester masuk kedalam ulir yang bertujuan untuk memeras daging buah sehingga dihasilkan,  minyak kasar (Crude Oil). Tekanan kempa diatur oleh konis yang berada pada bagian ujung pengempaan dan dapat  digerakkan maju mundur secara hidrolisis,  Pada proses pengempaan dilakukan penyemprotan dengan dilution agar minyak kasar yang keluar tidak terlalu kental (diturunkan viskositasnya) sehingga pori-pori silinder tidak tersumbat. Penyemprotan air dilakukan dengan satu pipa berlubang yang dipasang pada screw press.
Tekanan pressing sangat berpengaruh pada proses ini, karena tekanan kempa terlalu tinggi dapat menyebabkan inti pecah,  kerugian inti bertambah, dan terjadi keausan pada material screw press, sebaliknya jika tekanan kempa terlalu rendah akan mengakibatkan kerugian minyak pada ampas pres dan biji akan bertambah. Hasil pengepresan adalah kasar yang keluar dari pori-pori silinder,  melalui oil gitter akan menuju ke desanding device untuk pengendapan. Hasil lain adalah ampas kempa (terdiri dari biji, serat dan ampas), yang akan dipecahkan dengan menggunakan cake broker conveyor.
C. Cake Breaker Conveyor (CBC)
CBC adalah conveyor yang berfungsi untuk mengirim dan menguraikan cake keluaran press sehingga pemisahan Nut di fibercyclone lebih mudah tepisah. Cake yang masih menggumal antara Nut dan fiber jika tidak di pecah (uraikan) maka akan susah untuk mendapatkan nut yang bersih. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengoperasian CBC adalah pastikan paddle & daun conveyor tidak mengalami kausan agar CBC bisa bekerja optimal.
D. Tangki Pemisah Pasir (santrap Tank)
IMG 20191010 WA0087
Sand Trap Tank
Santrap Tank adalah tangki penampung minyak dan sludge dan berasal dari hasil pelumatan dan pengepresan. Tangki ini berfungsi mengendapkan pasir yang terdapat dalam minyak dan sludge. Temperature steam pada santrap tank ini harus 90-95o C. Sandtrap tank adalah sebuah bejana berbentuk silinder (2 unit), untuk mengendapkan partikel-partikel yang mempunyai bagian atas, kemudian dipompakan ke ayakan getar, sedangkan kotoran dan lumpur berada pada bagian bawah bejana, dialirkan ke fat pit.
E. Ayakan Getar (Vibrating Screen)
Vibrating screen adalah suatu alat ayakan yang terdiri dari 2 lapisan screen dengan ukuran masing-masing 20 mess untuk top screen dan 40 mess untuk bottom screen. Yang digetarkan dengan kecepatan 1500 rpm. Proses penyaringan memakai vibrating screen bertujuan untuk memisahkan Non-oil Solid (NOS) yang berukuran besar seperti serabut, pasir, tanah, kotoran-kotoran lain yang terbawa dari desanding device. NOS yang tertahan pada ayakan akan dikembalikan ke digester melalui bottom cross conveyor, sedangkan minyak dipompakan ke Wet oil tank.