Spesifikasi Lengkap Wheel Loader Komatsu WA 180

Wheel Loader Komatsu WA 180 adalah salah satu jenis alat berat yang digunakan dalam industri konstruksi dan pertambangan. Alat ini mempunyai berbagai manfaat dan keuntungan dalam penggunaannya, sehingga menjadi salah satu alat yang sangat penting dan dibutuhkan dalam industri tersebut.

 

Apa itu Wheel Loader Komatsu WA 180?

Spesifikasi Lengkap Wheel Loader Komatsu WA 180

Wheel Loader Komatsu WA 180 adalah alat berat yang digunakan untuk mengangkut material seperti tanah, pasir, batu, dan lain-lain. Alat ini biasa digunakan dalam proyek konstruksi, pertambangan, maupun industri lainnya yang membutuhkan alat untuk mengangkut material secara efektif dan efisien.



 

Fungsi dan Kegunaan Wheel Loader Komatsu WA 180

Berikut ini adalah list manfaat dari penggunaan Wheel Loader Komatsu WA 180:



Meningkatkan produktivitas

Wheel Loader Komatsu WA 180 memiliki kemampuan untuk mengangkut material dalam jumlah besar secara efisien dan cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

Mengurangi biaya operasional

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Wheel Loader Komatsu WA 180, alat ini dapat mengurangi biaya operasional dalam proyek konstruksi atau pertambangan karena dapat mengangkut material dengan kapasitas yang besar dalam satu waktu.

Meningkatkan efisiensi kerja

Wheel Loader Komatsu WA 180 dapat mengangkut material dengan efisien dan cepat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja dalam proyek konstruksi atau pertambangan.



 

Tipe dan Jenis Wheel Loader Komatsu WA 180

Spesifikasi Lengkap Wheel Loader Komatsu WA 180

Wheel loader Komatsu WA180 memiliki beberapa jenis dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut ini adalah penjelasan detail mengenai tipe dan jenis dari wheel loader Komatsu WA180:

1. Wheel loader Komatsu WA180-3

Wheel loader jenis ini memiliki kapasitas bucket sebesar 2,7 meter kubik. Tipe ini dapat digunakan pada proyek konstruksi skala kecil hingga menengah.

2. Wheel loader Komatsu WA180-3 PT

Wheel loader jenis ini memiliki kapasitas bucket yang sama dengan tipe WA180-3. Namun, tipe ini dilengkapi dengan Powershift Transmission (PT) yang membuat pengoperasian lebih mudah dan efisien.

3. Wheel loader Komatsu WA180-3A

Tipe ini memiliki kapasitas bucket yang lebih besar, yaitu sebesar 3 meter kubik. Tipe ini cocok untuk proyek konstruksi skala besar yang membutuhkan kapasitas yang lebih besar.

4. Wheel loader Komatsu WA180-3A PT

Tipe ini memiliki kapasitas bucket yang sama dengan tipe WA180-3A, namun dilengkapi dengan Powershift Transmission (PT) yang membuat pengoperasian lebih mudah dan efisien.

 

Bagian Utama Wheel Loader Komatsu WA 180

Spesifikasi Lengkap Wheel Loader Komatsu WA 180

Bagian utama dari Wheel Loader Komatsu WA 180 adalah sebagai berikut:

1. Bucket

Bucket adalah bagian yang terpasang pada ujung lengan untuk mengambil material yang akan dipindahkan. Bucket pada Wheel Loader Komatsu WA 180 memiliki ukuran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan.

2. Lengan (Arm)

Lengan merupakan bagian yang menghubungkan bucket dengan mesin. Lengan pada Wheel Loader Komatsu WA 180 juga memiliki panjang yang bervariasi sesuai dengan ukuran bucket.

3. Frame (Rangka)

Frame atau rangka merupakan struktur utama dari wheel loader yang menahan seluruh bagian mesin, transmisi, hidraulik, dan komponen lainnya. Rangka pada Wheel Loader Komatsu WA 180 dirancang dengan bentuk yang kuat dan kokoh untuk menunjang stabilitas mesin dalam melakukan pekerjaan.

4. Roda (Wheel)

Roda merupakan bagian yang berfungsi untuk memindahkan wheel loader dari satu tempat ke tempat lainnya. Wheel Loader Komatsu WA 180 dilengkapi dengan empat roda yang besar dan kuat agar dapat menahan beban yang diangkut.

5. Mesin (Engine)

Mesin merupakan komponen utama yang menggerakan wheel loader. Wheel Loader Komatsu WA 180 dilengkapi dengan mesin yang bertenaga dan ramah lingkungan dengan teknologi Tier 3.

6. Hidraulik (Hydraulic)

Hidraulik merupakan sistem yang digunakan untuk menggerakkan lengan, bucket, dan komponen hidraulik lainnya pada wheel loader. Wheel Loader Komatsu WA 180 dilengkapi dengan sistem hidraulik yang canggih dan handal sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bekerja.

 

Spesifikasi wheel loader komatsu wa 180

Wheel loader Komatsu WA 180 adalah salah satu jenis mesin konstruksi yang dibuat oleh Komatsu, sebuah perusahaan manufaktur alat berat asal Jepang. Mesin ini memiliki spesifikasi yang sangat baik sehingga mampu menunjang kinerja di lapangan. Berikut adalah beberapa spesifikasi dari wheel loader Komatsu WA 180:

1. Kapasitas Bongkar Muat

Wheel loader Komatsu WA 180 memiliki kapasitas bongkar muat yang cukup besar yaitu sekitar 3-4 kubik meter. Kapasitas ini memungkinkan mesin untuk menangani beban yang cukup berat dengan cepat dan efisien.

2. Tenaga

Mesin ini dilengkapi dengan mesin diesel 4 silinder turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140 HP. Tenaga yang besar ini memungkinkan mesin untuk bekerja dengan optimal di medan yang berat.

3. Dimensi

Wheel loader Komatsu WA 180 memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu panjang 7,6 meter, lebar 2,6 meter, dan tinggi 3,2 meter. Dimensi yang besar ini memungkinkan mesin untuk menangani beban yang lebih besar.

4. Berat Operasi

Mesin ini memiliki berat operasi sekitar 14,8 ton. Berat yang cukup besar ini memungkinkan mesin untuk menangani beban yang cukup besar dengan stabil dan aman.

5. Sistem Transmisi

Wheel loader Komatsu WA 180 dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis yang memungkinkan mesin untuk bekerja dengan lebih lancar dan efisien.

6. Sistem Hidraulik

Wheel loader Komatsu WA 180 dilengkapi dengan sistem hidraulik yang sangat baik. Sistem ini memungkinkan mesin untuk mengangkat dan membongkar muatan dengan cepat dan mudah. Sistem hidraulik pada mesin ini juga cukup stabil sehingga mampu menangani beban yang berat dengan aman.

7. Ketinggian Maksimum Bongkar Muat

Mesin ini mampu mengangkat muatan hingga ketinggian 3,5 meter. Ketinggian yang cukup tinggi ini memungkinkan mesin untuk membongkar muatan ke dalam truk atau kendaraan lain dengan mudah dan cepat.

8. Kemampuan Manuver

Wheel loader Komatsu WA 180 memiliki kemampuan manuver yang cukup baik. Mesin ini dilengkapi dengan kemudi hidrolik yang memudahkan pengemudi untuk mengendalikan arah mesin. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan sistem pengaturan kecepatan yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan mesin sesuai dengan kondisi di lapangan.

9. Kapasitas Tangki Bahan Bakar

Wheel loader Komatsu WA 180 memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar yaitu sekitar 280 liter. Kapasitas tangki yang besar ini memungkinkan mesin untuk bekerja dalam waktu yang lama tanpa harus sering diisi ulang bahan bakar.

10. Sistem Pengendali Suhu Mesin

Mesin ini dilengkapi dengan sistem pengendali suhu yang memungkinkan mesin untuk bekerja dalam suhu yang optimal. Sistem ini juga memungkinkan mesin untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh suhu mesin yang terlalu tinggi.

 

Harga wheel loader komatsu wa 180

Harga wheel loader Komatsu WA180 dapat bervariasi tergantung pada tahun produksi, kondisi, lokasi, dan juga penjualnya. Namun, secara umum, harga wheel loader Komatsu WA180 yang bekas atau secondhand berkisar antara 800 juta hingga 1,2 miliar rupiah.

Harga wheel loader Komatsu WA180 baru biasanya lebih mahal dibandingkan dengan yang bekas, dengan harga yang bisa mencapai 2,5 miliar rupiah atau lebih tergantung pada spesifikasi yang diinginkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa harga hanyalah salah satu faktor dalam membeli wheel loader Komatsu WA180. Selain itu, perlu diperhatikan juga kondisi mesin dan bagian lain dari alat berat tersebut. Pastikan untuk membeli dari penjual yang terpercaya dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum membeli.

 

Penutup

Sebagai salah satu alat berat yang populer dan andal, wheel loader Komatsu WA180 memiliki banyak keunggulan dan manfaat dalam dunia industri. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan daya angkut yang besar, wheel loader ini dapat membantu mempercepat dan mempermudah proses pengangkutan material dan tanah di lokasi konstruksi atau tambang. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan wheel loader yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Selain itu, perawatan yang tepat juga penting untuk menjaga agar wheel loader Komatsu WA180 tetap berkinerja maksimal dan awet. Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, wheel loader Komatsu WA180 dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kegiatan industri dan konstruksi.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com