Siklus Alat/Unit di Pabrik Kelapa Sawit

Apa itu siklus alat…???

kalau kita berbicara secara sederhana siklus alat (mesin) itu adalah Lifetime dari sebuah mesin atau alat. Dimana semakin lama lifetimenya tentu akan semakin bagus karena akan mengurangi cost dalam suatu pabrik.

Pada setiap Industri yang menggunakan alat-alat produksi untuk menghasilkan produk pasti memiliki siklus ini.

Siklus%2BUnit%2BPKS

Siklus diatas menunjukkan siklus dari sebuah mesin/alat. Dimana mulai dari Pengadaan (Pembelian), Pemakaian, Inspeksi, Perawatan, Perbaikan Hingga di buang ke besi bekas.

Pekerjaan terberat dari siklus tersebut adalah berada pada 3 item yaitu:
1. Pemakaian (Operational Excellent)
Pemakaian alat atau mesin tentu harus dilakukan sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang sudah ditetapkan agar alat/mesin yang digunakan tidak cepat mengalami kerusakan, ataupun jika terjadi kerusakan tidak merambat ke bagian/item lainnya.

2. Inspeksi
Begitupun dengan Inspeksi, Item no.1 dan Inspeksi ini saling berkaitan. Operator sebagai orang yang mengoperasikan, jika tidak bisa melakukan Inspeksi rutin baik itu sebelum, selagi ataupun setelah menggunakan unit/mesin maka tinggal menunggu waktu saja untuk kehancuran alat/mesin yang digunakan.

3. Perawatan
Perawatan menjadi item ketiga yang harus sangat Strong Jika menginginkan Lifetime yang lama. Sebagai contoh, Misalnya: Penggantian Oli mesin, tidak perlu menunggu hingga habis baru kemudian di tambah ataupun diganti, dan harus sesuai dengan batas-batas dari Oli yang digunakan dan standard hm yang telah di capai. Dan inipun bisa berubah sesuai dengan kondisi lapangan seperti adanya kebocoran seal, ataupun ada kotoran yang masuk kemesin. Tentu perawatan ini dilakukan secara berkala dan didukung oleh hasil Inspeksi yang dilakukan.

Jika ketiga hal tersebut tidak intense dilakukan tentu Lifetime dari sebuah mesin/alat tidak akan bertahan lama.

Read also  Gambar dan Bagian-bagian Boiler Bahan Bakar Batu Bara