SIAPAKAH ANAK YANG PALING BAHAGIA?

SIAPAKAH ANAK YANG PALING BAHAGIA?

Anak yang Bahagia

SIAPAKAH ANAK YANG PALING BAHAGIA?

Siapakah anak yang paling bahagia? Ternyata bukan anak yang memiliki HP dan bebas main game online.
Sebuah penelitian menemukan, tenyata anak menjadi bahagia apabila orangtua —terlebih ibu— mereka, bahagia.
Penelitian bertajuk ‘The Understanding Society’ itu melibatkan 40.000 tangga sebagai responden.

Hasilnya, 60% anak-anak yang ibunya bahagia dengan hidup mereka, merasa sangat puas dengan kehidupan keluarga sekarang. Sebaliknya, 55% anak yang ibunya tidak bahagia, merasa hidupnya kurang membahagiakan.
Tiga orang peneliti dari Institute for Social and Economic Research, Prof. John Ermisch, Dr. Maria Iacovou dan Dr. Alexandra Skew mengungkapkan, anak yang paling bahagia adalah yang tinggal dengan kedua orangtua, tidak sering bertengkar dengan orangtua, makan malam bersama setidaknya tiga kali dalam seminggu dan sang ibu bahagia dengan keluarganya.
.
“Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan keluarga dan orangtua yang bahagia adalah kunci kebahagiaan anak. Hal ini bertolak belakang dengan anggapan yang ada selama ini kalau anak-anak hanya mau menghabiskan waktu dengan bermain videogame atau menonton televisi. Yang kami temukan anak-anak justru merasa bahagia jika bisa berinteraksi dengan orangtua atau saudara mereka,” ujar Dr Maria Iacovou.
Maka, penting bagi para ibu untuk menjaga kebahagiaan dalam kehidupannya, agar anak-anak menjadi bahagia. Namun ibu bisa bahagia apabila memiliki suami yang mampu menghadirkan kebahagiaan.
By: Cahyadi Takariawan
Read also  Hidup adalah Ujian