Sebatang Tembaga pada Suhu 28°C dengan Panjang 80 M

Sebatang Tembaga pada Suhu 28°C dengan Panjang 80 M, Berapakah Pertambahan Panjangnya Jika Tembaga Dipanaskan sampai Suhu 78°C?

Temukan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang sebatang tembaga pada suhu 28°C dengan panjang 80 m dan bagaimana pertambahan panjangnya ketika dipanaskan hingga suhu 78°C. Baca artikel ini untuk mempelajari sifat-sifat tembaga pada suhu tersebut dan bagaimana suhu mempengaruhi panjangnya.

Sebatang Tembaga pada Suhu 28°C dengan Panjang 80 M

Tembaga adalah logam yang memiliki berbagai aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas sebatang tembaga pada suhu 28°C dengan panjang 80 m dan pertambahan panjangnya ketika dipanaskan hingga suhu 78°C. Tembaga memiliki sifat khas yang mempengaruhi perubahan panjangnya ketika suhunya berubah. Mari kita jelajahi lebih lanjut dalam artikel ini.

Sebatang Tembaga pada Suhu 28°C dengan Panjang 80 M

Sebatang tembaga pada suhu 28°C dengan panjang 80 m adalah contoh yang menarik untuk mempelajari sifat-sifat termal tembaga. Pada suhu tersebut, tembaga memiliki panjang yang telah ditentukan. Namun, ketika dipanaskan atau didinginkan, tembaga akan mengalami perubahan panjang yang dapat dihitung menggunakan koefisien ekspansi termal.

Berapakah Pertambahan Panjangnya, Jika Tembaga Dipanaskan sampai Suhunya 78°C?

Ketika sebatang tembaga pada suhu 28°C dengan panjang 80 m dipanaskan hingga suhu 78°C, pertambahan panjangnya dapat dihitung menggunakan rumus yang melibatkan koefisien ekspansi termal tembaga. Koefisien ekspansi termal tembaga adalah 0,000016 per °C.

Dalam hal ini, kita dapat menggunakan rumus:

∆L = L0 * α * ∆T

Di mana:

  • ∆L adalah pertambahan panjang
  • L0 adalah panjang awal
  • α adalah koefisien ekspansi termal
  • ∆T adalah perubahan suhu

Jika kita masukkan nilai yang diberikan, kita dapat menghitung pertambahan panjangnya.

∆L = 80 * 0,000016 * (78 – 28)

Menghitung rumus tersebut akan memberikan hasil sebagai berikut:

∆L = 80 * 0,000016 * 50 = 0,064

Jadi, pertambahan panjangnya jika tembaga dipanaskan sampai suhu 78°C adalah 0,064 meter.

 

Demikianlah artikel tentang sebatang tembaga pada suhu 28°C dengan panjang 80 m, Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78°C?. Kami membuka diskusi di kolom komentar, jangan lupa di share artikelnya ke teman ataupun medsos kesayangan kalian. Semoga Bermanfaat!



Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close