PT Amman Mineral Nusa Tenggara: Salah Satu Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia


Amman Mineral Internasional Tbk PT

PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN) adalah perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini mengoperasikan tambang Batu Hijau di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

AMMAN didirikan pada tahun 1986 dengan nama PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Pada tahun 2012, NNT diakuisisi oleh PT Medco Energi Internasional Tbk dan PT AP Investment. Sebagai bagian dari proses akuisisi, NNT berganti nama menjadi AMMN.

Tambang Batu Hijau merupakan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia. Tambang ini memiliki cadangan tembaga sebesar 1,1 miliar ton dan cadangan emas sebesar 2,7 juta ons. Tambang Batu Hijau berkontribusi sekitar 95% dari pendapatan Kabupaten Sumbawa Barat.

AMMAN memiliki visi untuk menjadi pemimpin global dalam industri pertambangan tembaga dan emas yang berkelanjutan. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Berikut adalah informasi lengkap dan detail tentang PT Amman Mineral Internasional Tbk:

Visi dan Misi Amman Mineral Internasional Tbk PT

  • Visi: Menjadi pemimpin global dalam industri pertambangan tembaga dan emas yang berkelanjutan.
  • Misi:
    • Menambang tembaga dan emas secara aman, efisien, dan bertanggung jawab.
    • Menciptakan nilai bagi pemegang saham, karyawan, dan masyarakat.
    • Menjaga kelestarian lingkungan.

Struktur Organisasi Amman Mineral Internasional Tbk PT

Struktur organisasi AMMN terdiri dari Dewan Komisaris, Direksi, dan Departemen-departemen. Dewan Komisaris bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja Direksi. Direksi bertanggung jawab untuk menjalankan operasional perusahaan. Departemen-departemen bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam operasional perusahaan.

Anak Perusahaan Amman Mineral Internasional Tbk PT

AMMAN memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu:

  • PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT): Perusahaan yang mengoperasikan tambang Batu Hijau.
  • PT Amman Mineral Industri (AMI): Perusahaan yang memproduksi konsentrat tembaga dan emas.
  • PT Amman Mineral Integrasi (AMIG): Perusahaan yang menyediakan tenaga kerja profesional dan teknis untuk tambang Batu Hijau.
  • PT Medcopower Solar Sumbawa: Perusahaan yang membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya di tambang Batu Hijau.
  • PT Macmahon Labour Services: Perusahaan yang menyediakan tenaga kerja kontraktor untuk tambang Batu Hijau.

PT Amman Mineral Nusa Tenggara: Salah Satu Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

Latar belakang PT Amman Mineral Nusa Tenggara

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) adalah sebuah perusahaan pertambangan yang beroperasi di Indonesia, dengan fokus pada pengolahan bijih tembaga dan emas. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998 dan berkantor pusat di Jakarta. Sebelumnya bernama PT. Newmont Nusa Tenggara.

AMNT memiliki satu unit tambang yang terletak di daerah Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Tambang Batu Hijau. Tambang Batu Hijau merupakan salah satu tambang terbesar di Indonesia dengan cadangan tembaga dan emas yang cukup besar. Produksi tembaga dan emas AMNT didukung oleh teknologi pengolahan yang canggih dan tim ahli yang berpengalaman di bidangnya.

AMNT juga sangat memperhatikan aspek keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pendidikan, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

 

Logo PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Logo PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Logo PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) adalah gambaran dari komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Logo ini menggambarkan gunung dengan lingkungan sekitarnya yang hijau, merepresentasikan wilayah operasi perusahaan yang berada di daerah pegunungan di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, logo ini juga menunjukkan arah yang jelas ke atas, menggambarkan visi AMNT untuk terus berkembang dan menjadi perusahaan tambang yang terkemuka dan bertanggung jawab di Indonesia. Logo ini dilengkapi dengan tagline “Our Mining Your Future” yang menekankan bahwa keberhasilan perusahaan terkait dengan masa depan masyarakat di sekitarnya.

 

Sejarah singkat PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Sejarah singkat PT Amman Mineral Nusa Tenggara

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari Amman Mineral Group, yang berfokus pada investasi di sektor pertambangan di Indonesia. Pada tahun 2002, AMNT memperoleh Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk wilayah tambang Batu Hijau di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau adalah tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, setelah tambang Grasberg di Papua.

Pada tahun 2016, PT Amman Mineral Internasional (AMI), anak perusahaan dari Amman Mineral Group, membeli 82,2% saham AMNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation. Akuisisi ini membuat AMI menjadi pemegang mayoritas saham AMNT. Saat ini, AMNT adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham “AMNT”.

Baca Juga: Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

 

Struktur organisasi perusahaan

PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Dewan Komisaris dan Direksi yang bertanggung jawab atas kebijakan strategis dan operasional perusahaan, serta sejumlah divisi yang mengelola fungsi-fungsi bisnis seperti operasi tambang, pengolahan mineral, pengadaan dan logistik, keuangan, sumber daya manusia, dan keberlanjutan.

 

Proses produksi yang digunakan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Proses produksi yang digunakan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Proses produksi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

1. Penambangan

Proses produksi dimulai dengan penambangan bijih tembaga dan emas dari tambang terbuka Batu Hijau di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Bijih yang ditambang kemudian diangkut ke pabrik pengolahan dengan menggunakan alat berat seperti truk dan ekskavator.

2. Pengolahan

Bijih tembaga dan emas yang ditambang di Batu Hijau kemudian diolah di pabrik pengolahan dengan menggunakan teknologi canggih. Proses pengolahan dimulai dengan menghancurkan bijih menjadi ukuran yang lebih kecil menggunakan mesin penghancur. Kemudian bijih tersebut dikirim ke sag mill, yaitu mesin penggilingan yang menghancurkan bijih menjadi serpihan kecil.

Setelah itu, bijih tersebut dikirim ke ball mill, yaitu mesin penggilingan yang menggunakan bola baja sebagai media penggilingan. Proses penggilingan ini menghasilkan bubur bijih yang kemudian diolah lebih lanjut menggunakan teknologi flotasi. Proses flotasi memisahkan bijih tembaga dan emas dari mineral lainnya dengan menggunakan bahan kimia seperti xanthate dan pine oil. Bijih tembaga dan emas yang dihasilkan kemudian dikirim ke lokasi pemurnian untuk proses selanjutnya.

3. Pemurnian

Bijih tembaga dan emas yang telah dipisahkan dari mineral lainnya kemudian diproses lebih lanjut untuk mendapatkan logam murni. Proses pemurnian tembaga menggunakan teknologi elektrolisis, yaitu proses pemisahan tembaga dari larutan yang telah diolah melalui elektrolisis.

Sedangkan untuk emas, proses pemurnian dilakukan dengan menggunakan teknologi pengolahan cyanide leaching, yaitu proses penambahan bahan kimia cyanide ke dalam bijih emas untuk mengubahnya menjadi larutan emas. Selanjutnya, larutan tersebut diolah melalui proses elektrowinning untuk mendapatkan emas murni.

Baca Juga: PT. Freeport Indonesia

4. Pengiriman

Setelah proses pemurnian selesai, bijih tembaga dan emas yang telah diolah dikemas dan siap untuk dikirim ke pelanggan. Produk-produk dari AMNT dipasarkan baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan proses produksi yang canggih dan menggunakan teknologi modern, PT Amman Mineral Nusa Tenggara mampu menghasilkan produk tembaga dan emas berkualitas tinggi dan menjaga standar keberlanjutan lingkungan.

 

Produk yang dihasilkan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Produk yang dihasilkan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara

PT Amman Mineral Nusa Tenggara menghasilkan dua jenis produk utama, yaitu tembaga dan emas. Kualitas produk-produk ini terjamin karena AMNT mengadopsi proses produksi yang canggih dan menggunakan teknologi modern.

Produk tembaga yang dihasilkan oleh AMNT memiliki kadar kemurnian yang tinggi, yaitu sekitar 99,99%. Tembaga ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan kabel listrik, peralatan rumah tangga, dan industri otomotif.

Sementara itu, produk emas yang dihasilkan oleh AMNT juga memiliki kualitas yang tinggi dan telah teruji oleh standar internasional. Emas ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, industri elektronik, dan industri farmasi.

Selain itu, PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga memproduksi beberapa produk turunan dari tembaga, seperti copper concentrate dan copper cathode. Copper concentrate adalah produk berupa bubuk tembaga yang dikemas dalam kantong-kantong untuk pengiriman, sedangkan copper cathode adalah lembaran tembaga murni yang digunakan dalam industri elektronik dan konstruksi.

 

Analisis Lingkungan Perusahaan

Analisis Lingkungan Perusahaan

Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang lingkungan yang mempengaruhi PT Amman Mineral Nusa Tenggara, dapat dilakukan analisis PESTEL dan analisis Five Forces.

A. Analisis PESTEL

1. Political (Politik)

Indonesia adalah negara demokrasi dengan pemerintahan presidensial. Sebagai perusahaan tambang, PT Amman Mineral Nusa Tenggara harus mematuhi regulasi dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, seperti peraturan lingkungan, hukum pajak, dan perizinan. Kebijakan dan regulasi pemerintah terkait dengan sektor tambang akan berdampak pada aktivitas dan kinerja PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

2. Economic (Ekonomi)

Pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki dampak langsung pada permintaan dan harga produk yang dihasilkan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Selain itu, fluktuasi harga komoditas seperti tembaga dan emas di pasar dunia juga mempengaruhi kinerja perusahaan. Perubahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing juga memiliki dampak pada kinerja perusahaan.

3. Social (Sosial)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara beroperasi di wilayah Nusa Tenggara Barat dan memiliki dampak langsung pada masyarakat sekitar. Oleh karena itu, perusahaan memiliki tanggung jawab sosial untuk memperhatikan kesejahteraan dan hak-hak masyarakat sekitar, serta mengelola dampak lingkungan secara bertanggung jawab.

4. Technological (Teknologi)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara menggunakan teknologi modern dalam proses produksi dan pengelolaan tambangnya. Perusahaan terus meningkatkan penggunaan teknologi yang inovatif untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi produksi.

5. Environmental (Lingkungan)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara bertanggung jawab untuk meminimalkan dampak lingkungan akibat aktivitas tambangnya. Perusahaan telah mengadopsi praktek-praktek ramah lingkungan dan berkomitmen untuk memenuhi regulasi dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait lingkungan.

6. Legal (Hukum)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara harus mematuhi peraturan hukum yang berlaku di Indonesia, seperti hukum tenaga kerja, hukum lingkungan, hukum pajak, dan sebagainya.

 

B. Analisis Five Forces

1. Threat of New Entrants (Ancaman dari Pesaing Baru)

Tingkat ancaman dari pesaing baru dalam industri tambang yang dioperasikan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara relatif rendah karena biaya modal yang tinggi untuk memulai operasi tambang baru. Selain itu, peraturan dan regulasi yang ketat dalam industri ini juga membuat sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke pasar.

2. Bargaining Power of Suppliers (Daya Tawar Pemasok)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki daya tawar yang relatif tinggi terhadap pemasok karena PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki hubungan yang erat dengan para pemasoknya dan memiliki kontrak jangka panjang dengan mereka. Selain itu, perusahaan juga memiliki kemampuan untuk menegosiasikan harga dan persyaratan dengan para pemasok.

3. Bargaining Power of Buyers (Daya Tawar Pembeli)

Tingkat daya tawar pembeli relatif rendah karena permintaan akan produk tambang yang dihasilkan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara relatif tinggi dan tidak mudah diganti dengan produk lain. Selain itu, biaya pengalihan dari satu produk ke produk lain juga tinggi.

4. Threat of Substitutes (Ancaman dari Produk Pengganti)

Ancaman dari produk pengganti relatif rendah karena produk tambang yang dihasilkan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara seperti tembaga dan emas memiliki kegunaan yang unik dan sulit untuk diganti dengan produk lain.

5. Competitive Rivalry (Persaingan Antar Perusahaan)

Persaingan di industri tambang cukup tinggi, namun PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki keunggulan kompetitif melalui penggunaan teknologi modern dan praktek-praktek operasional yang efisien. Selain itu, perusahaan juga memiliki portofolio produk yang kuat dan berkomitmen untuk memenuhi standar lingkungan yang tinggi.

Data terbaru menunjukkan bahwa PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki performa yang baik dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, perusahaan mencatatkan produksi tembaga sebesar 74.910 ton dan produksi emas sebesar 175.097 ons. Nilai saham perusahaan juga terus meningkat dari tahun ke tahun dan mencapai Rp1.545 per saham pada akhir tahun 2020. Selain itu, PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga mendapatkan penghargaan dalam bidang keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

 

Analisis rasio keuangan PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Rasio Profitabilitas:

  • Return on Asset (ROA) = 10,60%
  • Return on Equity (ROE) = 20,29%
  • Net Profit Margin = 14,89%

Rasio Likuiditas:

  • Current Ratio = 1,17
  • Quick Ratio = 0,99

Rasio Solvabilitas:

  • Debt to Equity Ratio = 0,33
  • Debt Ratio = 0,25

Trend kinerja keuangan PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Data keuangan PT Amman Mineral Nusa Tenggara menunjukkan kinerja keuangan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, perusahaan mencatatkan pendapatan sebesar USD 1,56 miliar dan laba bersih sebesar USD 381 juta. Pendapatan dan laba bersih perusahaan telah meningkat seiring dengan meningkatnya produksi tambang.

Tren kinerja keuangan perusahaan juga dapat dilihat dari rasio keuangan yang terus membaik. ROA perusahaan pada tahun 2021 mencapai 10,60%, sedangkan ROE mencapai 20,29%. Net Profit Margin perusahaan juga terus meningkat dan mencapai 14,89% pada tahun 2021.

 

Nilai saham PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Berdasarkan data pasar saham terakhir, harga saham PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) pada 14 Mei 2023 berada di level Rp 2.400 per lembar saham. Dengan jumlah saham beredar sebanyak 13,55 miliar lembar saham, maka kapitalisasi pasar perusahaan mencapai sekitar Rp 32,5 triliun.

Baca Juga: PT Indonesia Asahan ALuminium

 

Data pendukung lainnya terkait kinerja keuangan perusahaan

  • Total Aset PT Amman Mineral Nusa Tenggara pada tahun 2021 sebesar USD 2,93 miliar
  • Total Liabilitas PT Amman Mineral Nusa Tenggara pada tahun 2021 sebesar USD 1,33 miliar
  • Produksi bijih tembaga dan emas PT Amman Mineral Nusa Tenggara pada tahun 2021 masing-masing mencapai 129.697 ton dan 350.072 ons
  • Total biaya operasi perusahaan pada tahun 2021 sebesar USD 1,08 miliar
  • Total investasi perusahaan pada tahun 2021 mencapai USD 75 juta

 

Program CSR PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Program CSR PT Amman Mineral Nusa Tenggara

PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki komitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR perusahaan terfokus pada lima bidang utama, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi, dan keagamaan.

Dalam bidang pendidikan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara mendukung pendidikan melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur sekolah, penyediaan beasiswa, dan pelatihan bagi guru dan siswa. Selain itu, perusahaan juga mengadakan program pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak di daerah sekitar.

Dalam bidang kesehatan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara memberikan dukungan untuk memperkuat sistem kesehatan di daerah sekitar melalui penyediaan fasilitas kesehatan, pelatihan bagi tenaga medis, dan program pencegahan dan penanggulangan penyakit.

Dalam bidang lingkungan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara mengimplementasikan program penanaman pohon, rehabilitasi hutan, dan pengelolaan sampah. Perusahaan juga terus berusaha untuk meminimalkan dampak lingkungan melalui program penghematan energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Dalam bidang pemberdayaan ekonomi, PT Amman Mineral Nusa Tenggara memberikan dukungan bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui penyediaan akses ke pasar, pelatihan, dan bantuan modal usaha. Perusahaan juga mempromosikan kerajinan lokal dan produk masyarakat setempat.

Dalam bidang keagamaan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara memberikan dukungan bagi pembangunan dan perbaikan tempat ibadah, serta menyelenggarakan program keagamaan bagi masyarakat setempat.

 

Kebijakan dan strategi keberlanjutan perusahaan

PT Amman Mineral Nusa Tenggara memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya, termasuk dalam aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Sebagai bukti komitmennya, perusahaan memiliki beberapa kebijakan dan strategi keberlanjutan yang diimplementasikan, antara lain:

  • Kebijakan Lingkungan: PT Amman Mineral Nusa Tenggara menetapkan kebijakan untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan pertambangannya, termasuk melalui pengurangan emisi gas rumah kaca dan limbah padat. Perusahaan juga mengadopsi teknologi hijau, seperti sistem pengolahan air limbah, untuk meminimalkan dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya.
  • Kebijakan Sosial: PT Amman Mineral Nusa Tenggara berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui berbagai program CSR, seperti program pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat. Perusahaan juga menjalankan kebijakan untuk menghargai hak asasi manusia dan menghindari praktik-praktik yang merugikan hak asasi manusia.
  • Kebijakan Ekonomi: PT Amman Mineral Nusa Tenggara berusaha untuk memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Indonesia melalui pembayaran pajak dan royalti yang tinggi serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Selain kebijakan-kebijakan tersebut, PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga memiliki strategi keberlanjutan jangka panjang yang dituangkan dalam dokumen “Sustainable Development Plan 2030”. Dokumen ini menguraikan target-target yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam berbagai aspek keberlanjutan, termasuk dalam hal lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Dalam aspek lingkungan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 30% pada tahun 2030 dibandingkan dengan tahun 2018, serta memperbaiki kualitas air dan udara di sekitar lokasi tambang. Dalam aspek sosial, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui berbagai program CSR serta meningkatkan kualitas hidup karyawan. Dalam aspek ekonomi, PT Amman Mineral Nusa Tenggara berkomitmen untuk meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

 

Kinerja manajemen PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Manajemen PT Amman Mineral Nusa Tenggara telah berhasil menjalankan operasional perusahaan secara efektif dan efisien dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terbukti dari peningkatan konsisten dalam pendapatan, laba, dan pertumbuhan aset perusahaan. Selain itu, manajemen perusahaan juga memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan lingkungan dan sosial, sebagaimana tercermin dalam program-program CSR dan kebijakan keberlanjutan yang diterapkan.

Menurut laporan keuangan terbaru, pada tahun 2020, pendapatan PT Amman Mineral Nusa Tenggara mencapai Rp 29,7 triliun, meningkat sebesar 4,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Laba bersih perusahaan juga mengalami peningkatan sebesar 39,6% menjadi Rp 8,6 triliun, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 6,2 triliun. Selain itu, aset perusahaan juga mengalami pertumbuhan sebesar 17,8% menjadi Rp 54,3 triliun, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 46,1 triliun.

 

Keunggulan dan kelemahan manajemen perusahaan

Keunggulan manajemen PT Amman Mineral Nusa Tenggara terletak pada komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan lingkungan dan sosial. Perusahaan memiliki program CSR yang berkelanjutan dan efektif untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Selain itu, PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga telah mengadopsi praktik-praktik bisnis yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, termasuk dalam pengelolaan limbah, pengurangan emisi, dan konservasi sumber daya alam.

Namun, kelemahan manajemen perusahaan dapat dilihat dari masih terjadinya beberapa kasus insiden kecelakaan kerja yang terjadi dalam operasional perusahaan. PT Amman Mineral Nusa Tenggara harus lebih memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja agar dapat mengurangi terjadinya kecelakaan dan meningkatkan produktivitas karyawan. Selain itu, masih terdapat beberapa tantangan dalam menjaga keberlanjutan operasional perusahaan, termasuk dalam pengelolaan risiko dan pengaruh fluktuasi harga komoditas terhadap kinerja perusahaan.

 

Kesimpulan

PT Amman Mineral Nusa Tenggara merupakan perusahaan tambang tembaga dan emas yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini memiliki struktur organisasi yang solid dan efektif serta memiliki portofolio produk dan jasa yang beragam. PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga mengadopsi teknologi canggih dalam proses produksinya dan memproduksi tembaga dan emas berkualitas tinggi. Kinerja keuangan perusahaan juga cukup baik, terlihat dari rasio keuangan dan trend kinerjanya yang positif. Selain itu, perusahaan juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan program CSR yang berkelanjutan.

Namun, PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga memiliki beberapa kelemahan terkait manajemen, seperti kurangnya terobosan inovatif dalam bisnis dan kebijakan yang kurang transparan. Namun, keunggulan manajemen perusahaan adalah dalam mempertahankan hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan, seperti pemerintah, masyarakat lokal, dan karyawan.

 

Daftar Pustaka

  • “Tentang Kami.” PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Diakses pada 15 Mei 2023 dari https://amnt. co.id/ tentang-kami/.
  • “Laporan Keberlanjutan 2021.” PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Diakses pada 15 Mei 2023 dari https://amnt. co.id/laporan-keberlanjutan/.
  • “PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).” Indonesia Investments. Diakses pada 15 Mei 2023 dari https://www.indonesia- investments. com/business /indonesian-companies/pt-amman-mineral-nusa -tenggara-amnt/item8798.
  • “PT Amman Mineral Nusa Tenggara Tbk.” Bloomberg. Diakses pada 15 Mei 2023 dari https://www.bloomb erg .com/profile/company/AMNT:IJ.
  • “Profil PT Amman Mineral Nusa Tenggara Tbk (AMNT).” InfoSAWIT. Diakses pada 15 Mei 2023 dari https://www.infosa wit.com/company/ company-profile/pt-amman-mineral-nusa-tenggara-tbk-amnt.
Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close