Pengertian Lbs (Pound) dan cara konversi lbs ke kg

Lbs merupakan singkatan dari pound (pound). Pound merupakan satuan standar yang digunakan untuk mengukur berat atau massa. 1 pound sama dengan 0,45 kilogram. Jadi, jika seseorang mengatakan bahwa sesuatu beratnya 5 lbs, itu berarti bahwa objek tersebut memiliki massa sebesar 5 pound atau 2,25 kilogram.

Selain digunakan untuk mengukur massa, pound juga digunakan dalam sistem ukuran lainnya, seperti dalam mengukur daya dorong jet, kekuatan angkat, dan lain-lain.

Sistem satuan pound merupakan bagian dari sistem satuan standar Inggris (British system of units) yang masih digunakan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Kanada. Namun, di banyak negara lain, sistem satuan yang lebih umum digunakan adalah sistem satuan internasional (International System of Units atau SI).

 



Pengertian Lbs (Pound)

Lbs adalah satuan standar yang digunakan untuk mengukur massa atau berat suatu benda. Singkatan “lbs” merupakan notasi yang digunakan untuk menunjukkan satuan pound. Kata “pound” berasal dari bahasa Latin “pendere” yang berarti menimbang, sedangkan “lbs” merupakan singkatan dari kata “libra”, yaitu sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti keseimbangan atau berat. Dalam sistem satuan zaman Romawi kuno, satu libra setara dengan kurang lebih 12 ons. Namun, dalam proses pengukuran kontemporer saat ini, satu pound setara dengan 16 ons.

Pounds avoirdupois adalah jenis satuan pounds yang paling umum digunakan secara internasional. Namun, ada juga jenis pounds lain yang sudah tidak digunakan lagi, seperti pounds Troy yang digunakan oleh para pengrajin di London, pounds pedagang yang digunakan untuk sebagian besar barang-barang perdagangan, pounds wol yang digunakan untuk mengukur berat domba wol, dan pounds tower dan London pound yang merupakan satuan yang digunakan di Inggris.



Perbedaan antara pounds dan kilogram terletak pada objek yang diukur. Kilogram merupakan satuan dalam sistem satuan internasional (SI) yang digunakan untuk mengukur massa (tanpa pengaruh gravitasi bumi), sedangkan pounds adalah satuan yang digunakan untuk mengukur berat (dipengaruhi oleh gravitasi bumi). 1 pound setara dengan 0,45 kilogram.

LBS Pound kg

Cara konversi Lbs ke Kg dan cara konversi Kg ke Lbs

Mari kita simak langkah-langkah sederhana untuk menghitung konversi lbs ke kg.



1. Tentukan Berat dalam Lbs

Langkah pertama adalah menentukan berat yang ingin Anda konversi dari lbs ke kg. Misalnya, Anda memiliki berat 150 lbs.

2. Gunakan Faktor Konversi

Selanjutnya, gunakan faktor konversi standar, yaitu 0,45359237. Kalikan berat dalam lbs dengan faktor ini. Dalam contoh kita, 150 lbs x 0,45359237 = 68,18 kg.

3. Hasil Akhir

Itu dia hasil konversi lbs ke kg secara manual. Berat 150 lbs setara dengan 68,18 kg.

Tabel Konversi Umum

Agar lebih memudahkan Anda, berikut adalah tabel konversi umum dari lbs ke kg.

Berat dalam Lbs Berat dalam Kg
1 0,45
10 4,54
50 22,68
100 45,36
150 68,18
200 90,91

Contoh Soal

Untuk mengkonversi lbs ke kilogram, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

kg = lbs * 0,45

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengkonversi 10 lbs ke kilogram, Anda dapat menggunakan rumus di atas dengan mengganti nilai lbs dengan 10. Sehingga, hasil konversi 10 lbs ke kilogram adalah 4,5 kg.

Atau, jika Anda ingin mengkonversi kilogram ke lbs, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

lbs = kg / 0,45

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengkonversi 5 kg ke lbs, Anda dapat menggunakan rumus di atas dengan mengganti nilai kg dengan 5. Sehingga, hasil konversi 5 kg ke lbs adalah 11 lbs.

Jika Anda tidak ingin menghitung secara manual, Anda juga dapat menggunakan kalkulator online atau aplikasi pengkonversi untuk mengkonversi lbs ke kilogram atau sebaliknya dengan mudah.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com