Pemisahan Kernel Pada LTDS (Light Tenera Dry Sparator) / Pemisahan Kering

LiftingVelocity

Bagian-bagian LTDS

Pada Stasiun Kernel pengolahan (Palm Oil Mill) kita akan menemukan alat yang namanya LTDS (Light Tenera Dry Sparator), alat ini berfungsi untuk memisahkan kernel dan agar bisa terkutip secara maksimal. Alat ini terdidi dari beberapa bagian, yaitu: Fan, Sparating Coulomb, cyclone vertical, airlock, vertical ducting discharge ducting dan horizontal ducting.

Fan
Merupakan blower atau penghisap udara sepanjang daucting tersebut, mulai dari bawah sparating coulomb sampai dengan exhasut ducting. Dari sistem ini kita akan menemukan bahwa hisapan paling besar berada pada bagian Fan. Di bagian ini kita bisa setting terhadap kecepatan angin yang kita inginkan agar dalam hisapan fan bisa untuk memenuhi fungsinya menghisap cangkang dan fiber-fiber halus.
 
Discharge Ducting
Untuk bagian ini bisa di buat ataupun tidak tergantung dengan kebutuhan dan design dari LTDS tersebut. Jika hembusan udara memliki daerah yang lebih luar (tidak terhambat dengan design struktur) maka tidak perlu di buatkan discharge duction. Berfungsi hanya untuk mengalirkan hembusan terakhir dari hembusan Fan tersebut.
 
Cyclone vertical dan Air Lock
Kedua alat ini harus menjadi satu ketika kita menggunakan LTDS, di mana fungsi utama dari alat ini adalah mengumpulkan cangkang dan fiber halus agar tidak terbawa dan terbuang ke udara melalui discharge ducting. Point penting dalam pengoperasian vertical cyclone ini adalah memastikan tidak ada udara yang masuk melalui lubang outlet. Disitulah tugas dari airlock tersebut sevagai pengunci udara saat dilakukan pengeluaran material cangkang dan fiber halus dari dalam cyclone tersebut.
 
Horizontal Ducting
Sebagai pembawa udara dan juga sebagai pembawa material yang dihisap dari inlet (feeder) menuju ke cyclone. Dalam proses carrying tersebut harus benar-benar diperhatikan kecepatan udara agar tidak terjadi penumpukan (deposite) pada Ducting tersebut. Karena biasanya didesign dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Ducting Fibercyclone. Oleh karena itu, di bagian ini juga harus dilakukan pengechekan setiap minggu.
 
Vertical ducting
Terletak diatas Sparating coulomb berfungsi untuk melaminerkan udara yang di hisap dari sparating coulomb tersebut, sehingga material yang di bawa bisa lebih maksimal dan tidak terjadi deposite pada horzontal ducting.
 
Sparating Coulomb
Pada unit yang satu ini tergolong unik, karena harus melakukan setingan yang benar dan untuk mendapatkan setingan terebut sering dilakukan improve dan trial eror pada unit ini. Untuk keceptan udara hisapan dari Sparating coulomb kita bisa menggunakan Tabel di Bawah ini:
 
                                    Alwepo LTDS

Pemisahan Pada LTDS (Light Tenera Dry Sparator)

Taukah anda bagaimana cara memisahkan Kernel di LTDS atau sistem Kerjanya…???
 
Berikut ini beberapa yang perlu kita ketahui mengenai pemisahan kernel di LTDS…
 
Pemisahan kernel dengan metode kering pada LTDS  dilakukan di dalam system  winnowing yang memisahkan  impurity yang lebih ringan dan ukuran yang lebih dari kernel dengan menggunakan aliran udara.
Prinsip kerjanya adalah berdasarkan perbedaan kecepatan angkat (lifting velocities) dari komposisi cracked mixture masing-masing oleh karena adanya perbedaan spesifik gravitinya dan bentuknya.
 

System Kerjanya

Biasanya terdiri dari  duct vertical dengan penampang persegi-empat yang mana   cracked mixture bertemu dengan aliran udara yang tekanannya dibawah atmosfier atau menghisap. Dalam pengaturan tertentu salah satu dinding dari duct vertical tersebut dapat digerakkan sedemikian hingga dapat dibuat lebih besar atau lebih kecil untuk mengontrol laju kecepatan udara yang melewati section tersebut. 
Laju aliran udara dapat juga dikontrol dengan cara mengatur damper fan yang ditempatkan antara fan dan cyclone. Akhirnya material yang terbawa oleh udara terpisah di dalam cyclone.
Lifting Velocity (Kecepatan Angkat)
Lifting%2BVelocity

 

Proses Kontrol
Dalam hal untuk meminimalkan losses dalam winnowing system, hal-hal berikut ini dilakukan :
 
1. Pengaturan luasan penampang pada suction duct untuk mengurangi carry over berlebihan dari kernels dan nut kecil.
2. Pengaturan terhadap damper fan untuk menghasilkan kernel losses yang diharapkan.
Read also  Kontrak Harga Minyak Sawit Dibursa Malaysia Terus Terpangkas