Orang Tua Mengantar Anak Ke Masjid

mengajak anak sholat 1

Ketika menjelang sore hari sering kita melihat anak-anak berkumpul di Masjid untuk belajar Mengaji, pasti kita akan merasa senang dan bangga melihat mereka. Tentu ini adalah salah satu yang baik untuk mereka dan masa depan mereka. Masa depan Dunia dan Akhirat.

Dengan ceri belajar sambil bermain adalah merupakan salah satu cara yang paling tepat dalam mendidik dan mengajarkan kebaikan untuk anak-anak kita, mendidik dengan kasih sayang dan rasa cinta kepada mereka.
Dalam kemajuan zaman ini, kalo kita melihat anak-anak yang bermain di lingkungan rumah, keluarga, tetangga sungguh mengeyuhkan. Beberapa anak-anak yang bermain dengan segala bentuk kecanggihan dan kemapanan secara materi terkadang sering membuat mereka lalai untuk mengingat dan menuntu Ilmu Agama.
Dalam hal mendidik anak peran Orangtua sangatlah penting dan dibutuhkan namun ada banyak hal dan kekliruan yang terkadang sering kita lakukan dalam mendidik mereka, adapun kesalahan yang sering kita lakukan adalah
1. Anak kita biarkan tidur sampai siang
Mengajarkan anak untuk bangun diwaktu Subuh adalah hal yang sangat bermanfaat dan berguna untuk kedisiplinan waktu dan menjaga waktu agar tidak sia-sia. Terkadang kita sering melihat orang tua yang tidak peduli dengan hal tersebut, sering kita dapati anak-anak mereka tidur sampai matahari terik. Shingga hal ini berdampak ketika mereka dewasa, lebih memilih tidur ketimbang Shalat Subuh.
2. Anak kita biarkan Makan tanpa Berdoa dan Cuci Tangan
Hal yang sepele sekali tapi akan berdampak sampai dewasa. Lihatlah sekeliling kita, warung-warung, restoran, rumah makan. Pada zaman sekarang kalau kita perhatikan mungkin kita akan mendapati banyak yang mengabaikan hal tersebut bahkan banyak yang lebih memilih Mengabadikan makanan sebelum dimakan. Iya Berdoa Sebelum Makan adalah salah satu Sunnah yang sangat penting yang diajarkan oleh Nabi kita agar kita selalu mensyukuri Nikmat yang kita terima.
3. Pendidikan anak hanya di serahkan kepada sekolah dan Guru ngaji
Coba kita lihat sore pagi hari dan sore hari, banyak orang tua mengantar anak-anaknya untuk sekolah dan untuk mengaji, padahal kita tidak tau lingkungan seperti apa tempat anak-anak kita hidup. sehingga keluarga adalah lingkugan pertama dan utama dalam mendidik anak menjadi apa yang kita inginkan.


4. Teladan yang salah
Ketika ada anak yang baru lahir, pasti banyak yang mendoakan agar anak tersebut menjadi anak yang Soleh/Solehah, tetapi dalam prosesnya kita sering lupa dan sering mengabaikan masalah teladan yang kita ajarkan kepada mereka. Lihat saja, ketika kita menyuruh mereka pergi mengaji atau menyuruh mereka untuk Sholat, tetapi kita malah sering melalaikan hal tersebut. Ternyata hal ini berdampak ketika mereka tumbuh dewasa. Banyak kita dapati anak-anak remaja dan orang tua sudah jarang Sholat dan jarang mengaji.
Masih banyak lagi kesalahan kita dalam mendidik dan membangun generasi yang lebih baik lagi, belajarlah sekarang, ketika kita menginginkan yang terbaik untuk anak kita maka berikanlah yang terbaik untuk mereka, Termasuk memberikan Contoh Teladang Yang terbaik untuk mereka.
Semoga anak-anak kita semua menjadi anak-anak yang soleh/ah dan berguna bagi Nusa dan Bangsa. Amin Ya Rabbal’alamin…