Inilah ciri-ciri oli gardan mobil yang harus segera diganti

alwepo.com – Oli gardan mobilKendaraan bertransmisi otomatis sekarang sudah umum. Kepraktisan dan kenyamanan berkendara dengan transmisi otomatis menjadi kelebihan yang ditawarkannya. Selain itu, teknologi saat ini telah mengusulkan sistem transmisi otomatis yang lebih efisien.

Namun, sistem transmisi otomatis bukan tanpa risiko. Risikonya pemilik harus memperhatikan perawatan drivetrain. Paling tidak, bisa mendeteksi jika kendaraannya menunjukkan tanda-tanda penurunan kemampuan transmisi otomatis.

bagian bagian gardan mobil

Bagian-bagian Gardan Mobil

Sebelum membahas tentang ciri oli gardan mobil yang harus di ganti, perlu juga sekiranya kita mengetahui bagian dari Gardan itu sendiri.



1. Drive Pinion Shaft

Komponen gardan ini adalah bagian poros roda gigi pinion yang menyatu dengan drive pinion gear. Fungsi utamanya adalah menjadi poros pemutar untuk mengalirkan poros propeller dan putaran.

2. Drive Pinion Gear

Drive pinion gear memiliki bentuk roda gigi layaknya nanas. Kegunaannya sebagai roda gigi pemutar yang mengalirkan tenaga dari poros propeller ke bagian rangkaian gardan.



3.Spider Gear

Spider gear memiliki fungsi yaitu menjadi gigi pembeda putaran. Biasanya berjumlah dua dan diletakkan dengan tingkat kemiringan 90 derajat dari side gear. Hal ini membuat mobil memiliki tumpuan yang condong ke sisi dalam ketika berbelok.

4. Ring Gear

Bentuknya seperti cincin dengan ukuran yang cukup besar. Fungsinya adalah menjadi penerima putaran dari drive pinion gear.

5. Spider Gear Shaft

Pergerakan spider gear menjadi lebih mudah berkat komponen ini. Walaupun ada dua spider, namun poros gear hanya ada satu bagian saja.



6. Differential Carrier / Differential Case

Fungsi utama dari differential carrier adalah menjadi rumah untuk meletakkan beragam komponen gardan pada mobil. Jadi dari segi ukuran cukup besar.

7. Axle Shaft Bearing

Berguna sebagai bantalan, komponen gardan ini menjadi alas bagian yang berputar terhadap axle shaft housing yang terdiam. Memiliki jumlah dua, biasanya masing-masing terletak di bagian side gear kiri dan kanan.

8. Side Gear

Side gear berfungsi untuk menerima putaran yang sudah dimanipulasi oleh spider gear. Selanjutnya akan diteruskan ke bagian axle shaft.

9. Adjuster Nut

Komponen ini berbentuk mur untuk menyetel celah final gear atau gerakan dari pinion gear yang biasanya berputar sebelum final gear bergerak.

10. Bearing Cap

Selanjutnya ada bearing cap. Komponen gardan ini berguna untuk menahan bearing as roda yang terletak di bagian sisi side gear.

11. Axle Shaft Housing

Axle housing menjadi komponen untuk menutup sistem gardan dan as roda. Bisa dibilang fungsinya sangat penting karena menjadi penutup utama.

12. Axle Shaft Housing Cap

Axle shaft housing cap memiliki bentuk seperti tutup yang memiliki banyak baut untuk menjadi penutup housing. Dari komponen inilah oli gardan bisa dikeluarkan dengan mudah.

13. Differential Oil Tube

Differential Oil Tube berguna sebagai lokasi lubang pengisian oli gardan.

14. Universal Joint Flange

Universal joint flade adalah komponen untuk penerus putaran dari propeller shaft differential agar bisa meredam perubahan sudut. Tidak hanya itu saja, komponen ini juga mampu melembutkan perpindahan tenaga.

15. Gasket

Gasket berfungsi sebagai pencegah kebocoran dari tiap sambungan ketika ada tekanan. Dengan gasket, maka kebocoran oli gardan bisa terhindarkan.

Elemen penting adalah oli gandar. Oli gardan mobil pada transmisi otomatis ini harus diganti secara berkala sesuai dengan petunjuk pabriknya. Oli gardan mobil adalah pelumas yang digunakan pada komponen transmisi otomatis otomotif.

Ketika bagian-bagian di dalam mobil bergesekan satu sama lain, bagian-bagian tersebut tidak cepat rusak karena ada oli gandar untuk melumasinya.

Oli gandar tidak boleh diganti sesering penggantian oli. Umumnya, ganti oli gardan setiap 3-4 bulan sekali. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengidentifikasi karakteristik kapan oli gandar mobil perlu diganti.

 

Ciri-ciri oli gardan otomotif yang harus segera diganti

oli gardan mobil

Berikut ciri-ciri oli gardan otomotif yang harus segera diganti agar mobil Anda awet

1. Getaran di dalam mobil

Ketika oli gardan mobil tidak diganti dalam waktu yang lama, Anda akan merasakan getaran yang cukup kuat di dalam mobil. Getaran ini terasa saat mobil melewati jalan lurus atau tidak.

Getaran biasanya semakin keras saat menikung atau saat kecepatan mobil bertambah. Ini mungkin menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk mengganti oli gandar.

2. As memiliki bau terbakar

Ciri selanjutnya adalah bau terbakar di as roda. Seringkali, bau terbakar yang tidak menyenangkan ini dapat dideteksi dari transmisi.

Bau terbakar dapat terjadi karena poros terlalu panas. Hal ini disebabkan oleh oli gardan mobil yang kotor atau habis. Selain itu, bisa jadi oli yang digunakan sudah kadaluarsa sehingga menimbulkan bau tidak sedap seperti terbakar.

3. Kebisingan di dalam mobil

Selain getaran, ada suara yang sangat mengganggu saat mobil melaju. Suaranya seperti dengungan keras. Kebisingan disebabkan oleh komponen pada poros yang saling bergesekan tanpa pelumasan oli gardan mobil yang memadai.

Jika tidak segera diganti, suaranya akan lebih keras dan lebih mengganggu.

4. Roda mobil sulit dikendalikan

Ketika roda mobil Anda semakin sulit dikendalikan, ini bisa mengindikasikan perlunya mengganti oli gandar.

Jika oli gardan mobil masih cukup baik, gardan harus bisa mengendalikan kecepatan roda. Namun, jika kualitas oli gardan menjadi kotor atau habis, kecepatan putaran roda akan terganggu. Jika dibiarkan, berpotensi menimbulkan kecelakaan.

5. Warna oli telah berubah

Coba cek oli gardan mobil langsung, apakah warnanya berubah? Jika demikian, maka mungkin sudah saatnya Anda mengganti oli gardan.

Oli yang sudah lama digunakan akan berwarna abu-abu metalik dan sedikit lebih gelap. Perhatikan juga apakah tekstur minyak masih kental atau encer.

Jika oli terlihat tipis, itu mungkin menunjukkan bahwa oli gardan perlu diganti.

gardan mobil

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang komponen dan ciri oli gardan mobil yang harus segera di ganti. Secara keamanan dan kenyamanan penggantian secara rutin adalah jalan terbaik untuk menjaga dan merawat gardan mobil anda dan transmisi mesin mobil anda.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com