Nama-Nama Panel Excavator Yang Perlu Kamu Ketahui Sebagai Seorang Operator Excavator

Nama-nama panel excavator – Panel excavator adalah bagian dari kabin atau ruang setir pada excavator yang terdiri dari beberapa panel dengan nama dan fungsi yang berbeda. Setiap panel memiliki tombol, saklar, dan panel yang berfungsi secara berbeda-beda. Meskipun letak panel pada setiap jenis excavator berbeda, namun fungsinya hampir sama. Sebagai seorang pengemudi alat berat, penting untuk mengetahui fungsi dari setiap panel excavator.

Nama-Nama Panel Excavator Yang Perlu Kamu Ketahui Sebagai Seorang Operator Excavator

 

Nama Panel Kontrol Excavator

Berikut nama panel kontrol pada Excavator:



1. Panel pengendali mesin

Panel ini berfungsi untuk mengontrol mesin excavator, seperti menghidupkan mesin dan mengontrol kecepatan.

2. Panel monitor

Panel ini menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, tekanan oli, kecepatan angkat, dan lain sebagainya.



3. Panel tombol tombol

Panel ini berisi tombol-tombol untuk mengoperasikan excavator, seperti tombol untuk menggerakkan tangan, tombol untuk memutar mesin, dan sebagainya.

4. Panel indikator

Panel ini menampilkan indikator yang memberikan informasi tentang status mesin, seperti indikator kelebihan beban, indikator oli rendah, dan sebagainya.

5. Panel kontrol hidraulis

Panel ini berfungsi untuk mengendalikan sistem hidraulis, seperti menggerakkan lengan, ember, dan alat penghancur.



6. Panel kontrol traksi

Panel ini mengontrol traksi excavator, seperti menggerakkan trek, mengatur kecepatan, dan sebagainya.

7. Panel kontrol alat penghancur

Panel ini berfungsi untuk mengontrol alat penghancur, seperti menghidupkan dan mematikan, mengatur kecepatan, dan sebagainya.

8. Panel pengontrol pipa

Panel ini mengontrol pipa, seperti pipa pengangkut dan pipa pembuangan.

9. Panel pengontrol lampu

Panel ini mengontrol lampu excavator, seperti lampu depan dan belakang, serta lampu kerja.

10. Panel kontrol kabin

Panel ini berisi kontrol untuk kabin excavator, seperti kontrol AC dan ventilasi.

11. Panel kontrol alarm

Panel ini mengontrol alarm, seperti alarm kelebihan beban atau kebocoran oli.

 

Nama Nama Panel Excavator

Berikut ini adalah ulasan mengenai 11 nama-nama panel excavator beserta fungsinya:

1. Safety Lock

Safety Lock merupakan salah satu panel yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kerja mekanisme hidrolik pada excavator. Jika saklar safety lock belum diambil, maka mekanisme hidrolik pada excavator tidak bisa bekerja.

2. Sakelar Lampu

Sakelar Lampu terdiri dari berbagai jenis yang berfungsi untuk menghidupkan pencahayaan eksternal, internal, atau bahaya pada excavator. Beberapa jenis Sakelar Lampu pada excavator antara lain:

  • Sakelar lampu beacon, digunakan untuk menghidupkan lampu beacon atau rotator yang berada di bagian atas kabin dan berwarna kuning berputar-putar.
  • Lampu kerja extra, digunakan untuk menghidupkan lampu kerja ekstra yang ada di bagian belakang dan atas excavator.

3. Mute

Mute adalah nama panel excavator yang berfungsi untuk mematikan atau menonaktifkan suara dari radio atau cd. Dengan menekan tombol mute, maka suara dari radio atau cd akan otomatis berhenti.

4. Stop Travel Warning

Stop Travel Warning digunakan untuk mematikan sirene saat excavator sedang bekerja. Sirene pada alat berat kadang mengganggu saat excavator sedang bekerja, maka dari itu Setop Travel Warning digunakan untuk mematikannya.

5. Hour Mtr.

Hour Mtr. berfungsi untuk menghitung jam kerja dari excavator atau alat berat. Penghitungan jam kerja pada alat berat umumnya dihitung berdasarkan jam penggunaan.

6. RPM Selector

RPM Selector berguna untuk mengatur tinggi rendahnya perputaran mesin. RPM Selector terdiri dari I, F, G, dan H. Pemakaian RPM Selector disesuaikan dengan kebutuhan. Saat memerlukan RPM yang tinggi, maka bisa menempatkan selektor ke posisi H dan bisa diturunkan ke posisi lain saat memerlukan RPM mesin yang rendah.

7. Lampu Kerja

Lampu Kerja berfungsi untuk menghidupkan lampu kerja pada excavator. Dengan menekan tombol panel Lampu Kerja, maka lampu di samping depan kabin akan menyala dan menyinari tempat kerja.

8. Power Max

Power Max adalah panel yang berguna untuk meningkatkan perputaran mesin ke maksimal selama 5 detik untuk menambah kecepatan mesin. Fungsinya terkait dengan RPM Selector.

9. Auto Idle

Auto Idle adalah panel pada excavator yang berfungsi untuk membuat mesin dapat berputar-putar idle atau stasioner secara otomatis saat unit tidak digunakan selama beberapa menit. Fungsi ini sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas alat berat karena dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Saat excavator tidak digunakan, mesin akan berputar pada kecepatan rendah atau idle, dan ketika mesin dibutuhkan lagi, maka akan langsung berjalan normal tanpa perlu menunggu waktu lama untuk memanaskan mesin kembali.

10. Model Travel

Model Travel adalah salah satu jenis nama panel pada excavator yang memiliki fungsi untuk memilih kecepatan perjalanan yang diinginkan. Jika ingin melaju dengan kecepatan rendah, maka dapat memilih model kura-kura, sedangkan jika ingin melaju dengan kecepatan yang lebih cepat, maka dapat memilih model kelinci. Dengan memilih model travel yang sesuai dengan kebutuhan, dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan alat berat.

11. Model Kerja

Model Kerja pada excavator berkaitan dengan attachment atau alat tambahan yang digunakan. Setiap model kerja memerlukan attachment yang berbeda-beda tergantung pada tugas yang akan dilakukan, seperti bucket, breaker, ripper, atau compactor. Panel ini memungkinkan operator untuk memilih attachment yang sesuai dengan tugas yang akan dilakukan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas penggunaan excavator.

 

Demikianlah artikel tentang nama nama panel excavator yang perlu kamu ketahui sebagai seorang operator. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com