Mesin Frais: Bagian dari mesin frais yang berfungsi sebagai penjepit cutter adalah

alwepo.com, Mesin frais adalah alat yang digunakan untuk memotong benda kerja dengan menggunakan pisau potong yang terpasang pada poros spindle. Mesin frais biasanya digunakan untuk membuat bagian-bagian dengan ukuran dan bentuk yang presisi, seperti bagian-bagian mesin, komponen elektronik, dan produk-produk plastik.

Mesin frais terdiri dari badan mesin yang terbuat dari baja, spindle (poros utama), dan meja kerja yang berputar. Pisau potong terpasang pada spindle yang dapat berputar dengan kecepatan tinggi, dan digerakkan secara mekanis untuk memotong benda kerja. Benda kerja ditempatkan di atas meja kerja yang dapat bergerak ke arah sumbu x, y, dan z untuk memudahkan pemotongan bagian-bagian yang lebih kompleks.

Mesin frais dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan, seperti besi, baja, alumunium, dan plastik. Namun, mesin frais tidak dapat digunakan untuk memotong bahan-bahan yang terlalu keras, seperti karet atau batu. Mesin frais juga membutuhkan perlengkapan tambahan seperti pisau potong yang sesuai dengan jenis benda kerja yang akan dipotong.

bagian dari mesin frais yang berfungsi sebagai penjepit cutter adalah

Bagian mesin frais

Bagian-bagian utama dari mesin frais adalah:

  1. Meja mesin: Tempat benda kerja ditekan atau dikunci.
  2. Pahat frais: Alat potong yang digunakan untuk menyayat atau mengikis benda kerja.
  3. Spindle atau poros utama: Poros yang digunakan untuk memutar pahat frais.
  4. Motor spindle: Motor yang digunakan untuk menggerakkan spindle.
  5. Sistem transmisi: Komponen yang digunakan untuk mengubah kecepatan dan torsi spindle sesuai dengan kebutuhan.
  6. Kepala utama: Bagian yang menghubungkan spindle dengan meja mesin. Kepala utama dapat digerakkan secara manual atau otomatis untuk mengubah posisi pahat frais.
  7. Sistem feed: Komponen yang digunakan untuk menggerakkan benda kerja ke arah pahat frais.
  8. Kontrol mesin: Panel kontrol yang digunakan untuk mengatur kecepatan, arah, dan kedalaman potong pahat frais.

Beberapa mesin frais juga dilengkapi dengan bagian-bagian tambahan seperti tool changer (alat yang digunakan untuk mengganti pahat frais secara otomatis), coolant system (sistem pendingin yang digunakan untuk menjaga suhu pahat frais tetap dingin), dan sistem pengukuran (alat yang digunakan untuk mengukur hasil potongan).

 

Bagian mesin frais yang berfungsi sebagai penjepit pahat frais atau cutter adalah collet atau chuck. Collet atau chuck adalah alat penjepit yang terdiri dari beberapa bagian yang terhubung ke spindle mesin frais. Collet atau chuck berfungsi untuk menjepit pahat frais dengan kuat sehingga pahat frais tidak terlepas saat proses frais berlangsung.

Collet atau chuck terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Poros collet: Poros yang terhubung ke spindle mesin frais dan berfungsi untuk memutar pahat frais.
  2. Sel collet: Bagian yang terhubung ke poros collet dan berfungsi untuk menjepit pahat frais. Sel collet terdiri dari beberapa bagian yang dapat digerakkan secara manual atau otomatis untuk menyesuaikan ukuran pahat frais yang akan dipasang.
  3. Ring collet: Bagian yang terletak di luar sel collet dan berfungsi untuk menjaga agar pahat frais tidak terlepas dari collet saat proses frais berlangsung.

Untuk menggunakan collet atau chuck, pahat frais harus dipasang terlebih dahulu ke dalam collet atau chuck dengan cara menjepit pahat frais dengan menggunakan sel collet. Setelah pahat frais terpasang dengan benar, collet atau chuck dapat dikunci ke spindle mesin frais dengan cara menggerakkan ring collet ke arah yang sesuai.

 

Merawat mesin frais

Untuk merawat mesin frais agar tetap berfungsi dengan baik, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:
  1. Bersihkan mesin frais secara teratur: Bersihkan mesin frais dari debu, kotoran, atau bahan lain yang menempel di permukaan mesin. Gunakan sapu atau sikat yang lembut untuk membersihkan mesin dan jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mesin frais juga.
  2. Lubricate mesin frais secara teratur: Gunakan oli atau pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin frais untuk menjaga agar bagian-bagian mesin frais tetap terlubricasi dengan baik. Pastikan untuk mengganti oli atau pelumas sesuai dengan interval yang ditentukan oleh produsen mesin frais.
  3. Gunakan pahat frais yang tepat: Gunakan pahat frais yang sesuai dengan spesifikasi mesin frais dan benda kerja yang akan dikerjakan. Pastikan untuk mengganti pahat frais secara teratur untuk menjaga agar hasil potongan tetap baik dan tidak menyebabkan kerusakan pada mesin frais.
  4. Jaga kondisi lingkungan kerja: Pastikan lingkungan kerja mesin frais tetap bersih dan bebas dari bahan-bahan yang dapat merusak mesin frais. Jaga agar suhu dan kelembaban lingkungan kerja mesin frais tetap stabil sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen mesin frais.
  5. Jaga kondisi meja mesin: Pastikan meja mesin frais tidak tergelincir atau tidak stabil saat mesin frais digunakan. Gunakan kunci meja mesin atau baut pengunci lainnya untuk menjaga agar meja mesin tetap kokoh dan tidak bergeser saat proses frais berlangsung.
  6. Gunakan proteksi mata dan telinga: Gunakan pelindung mata dan telinga saat menggunakan mesin frais untuk menghindari cedera akibat debu, bahan potong, atau kebisingan yang dihasilkan oleh mesin frais.
  7. Periksa kondisi mesin frais secara teratur: Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap mesin frais untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak atau perlu diganti. Segera lakukan perbaikan atau penggantian bagian yang rusak untuk menjaga agar mesin frais tetap berfungsi dengan baik.