Menjadi Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri
be%2Byourself
Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita berinteraksi dengan kehidupan sosial Masyarakat. Kita bergaul dan bersosialisasi, Berinteraksi, Berkelompok dan membangun masyarakat. Dalam menjalani kehidupan tersebut tentu kita akan melihat kekurangan dan kelebihan diri kita, teman kita, keluarga kita, saudara-saudara kita. Terkadang banyak yang menonjol dengan kelebihan, bahkan ada juga yang minder. Tentu setiap orang memilki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi perlu kita ketahui bahwasanya Allah SWT tidak pernah menciptkan sesuatupun dimuka bumi dengan kesia-siaan. Pasti setiap yang diciptakan oleh Allah memiliki arti dan manfaat. Berikut Tips menjadi diri sendiri yang saya rangkum dari Pengalaman pribadi.

1. Mengenal diri sendiri dengan mencintai diri sendiri

Langkah ini menjadi penting dan berada di urutan pertama karena membenci diri sendiri tidak pernah ada baiknya. Langkah ini ada di urutan pertama agar kita bisa menentukan poin-poin penting menemukan kelebihan yang ada di dalam diri. Ada orang yang butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukannya, ada juga yang mencoba terus dan fokus sehingga bisa lebih cepat menemukan kelebihan dalam dirinya. Teruslah belajar untuk mengenal dan memahami diri sendiri.

Dalam prosesnya bisa dibilang masa uji coba, seringkali kita trial and error dengan pengalaman. Dari sana kita bisa berhadapan pada kondisi di mana kita harus menerima diri sendiri. Jika sudah berhasil rasanya akan lebih nyaman, ikhlas, dan jauh dari rasa stress

2. Mensyukuri Keadaan dengan cara Jangan mengeluh  

Jangan menaruh perhatian dan berkeluh-kesah akan hal yang tidak penting. Lebih baik beri kesempatan pada diri sendiri untuk bertumbuh dan menentukan batasannya sendiri. Anda yang dulu tidak akan sama dengan Anda 10 atau 20 tahun setelahnya. Jadi belajar dari kesalahan dan teruslah melangkah menjadi lebih baik. Teruslah memperbaiki diri dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Read also  Motivasi Dari Steve Jobs

3. Berhenti menyudutkan diri sendiri
Banyak orang yang tidak menerima dirinya sendiri dengan membandingkan diri dengan orang lain itu sama artinya dengan menyiksa diri. Berhentilah dan lihat kelebihan yang ada. Karena apa yang menjadi kelebihan orang lain belum tentu cocok untuk kita. Biarkan orang menjadi dirinya sendiri, dan Anda menjadi diri Anda sendiri juga. Tidak ada gunanya iri atau cemburu dengan apa yang orang lain miliki. Menjadi jujur akan memberi efek positif pada kepribadian, dan itu penting.

4. Berbuatlah hal yang baik dan jangan putus asa ketika orang tidak senang
Kita tahu semua bahwa untuk perkara kebaikan adalah suatu hal yang mutlak. karena sesugngguhnya yang menilai kebaikan adalah Allah yang telah menciptakan kita. Terkadang kita berbuat tapi belum tentu orang lain menerima dengan sepenuh hati. Perlu dicatat bahwa kita tidak akan bisa membuat semua orang senang dengan kita, tentunya ada satu atau dua yang akan membenci kita. Bahkan ada orang yang membenci tokoh-tokoh besar seperti Dalai Lama atau Aung San Su Kyi, meskipun ia juga sangat dikagumi orang lain. Hal pentingnya, berhentilah berusaha untuk selalu tampil seperti yang diinginkan orang lain hanya untuk membuat mereka senang. Tapi jadilah apa adanya, dan biarkan mereka menerima Anda demikian adanya. Berpura-pura menjadi orang lain untuk bisa diterima hanya akan melelahkan Anda saja.