Mengganti Ukuran Kawat Email Saat Rewinding Elektro Motor

Rewinding elektro motor merupakan proses penggantian kawat email dari elektro motor yang sering kita lakukan jika elektro motor kita terbakar atau mengalami kerusakan. Jenis kerusakan juga berbeda-beda tetapi baisanya karena overload yang berlebihan yang mengakibatkan panas dan membuat kawat gulungan elektro motor terbakar.

Rewinding elektro motor
tokopedia

Pengertian Motor Listrik

Sebuah motor listrik mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Kebanyakan motor listrik beroperasi melalui interaksi medan magnet dan konduktor pembawa arus untuk menghasilkan kekuatan, meskipun motor elektrostatik menggunakan gaya elektrostatik. Proses sebaliknya, menghasilkan energi listrik dari energi mekanik, yang dilakukan oleh generator seperti alternator, atau dinamo. Banyak jenis motor listrik dapat dijalankan sebagai generator, dan sebaliknya.Motor listrik dan generator yang sering disebut sebagai mesin-mesin listrik.

Motor listrik DC (arus searah) merupakan salah satu dari motor DC. Mesin arus searah dapat berupa generator DC atau motor DC. Generator DC alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik DC. Motor DC alat yang mengubah energi listrik DC menjadi energi mekanik putaran. Sebuah motor DC dapat difungsikan sebagai generator atau sebaliknya generator DC dapat difungsikan sebagai motor DC.

Pada motor DC kumparan medan disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Jika tejadi putaran pada kumparan jangkar dalam pada medan magnet, maka akan timbul tagangan (GGL) yang berubah-ubah arah pada setiap setengah putaran, sehingga merupakan tegangan bolak-balik.
Prinsip dari arus searah adalah membalik phasa negatif dari gelombang sinusoidal menjadi gelombang yang mempunyai nilai positif dengan menggunakan komutator, dengan demikian arus yang berbalik arah dengan kumparan jangkar yang berputar dalam medan magnet,dihasilkan tegangan (GGL).



Problem Ketika Rewending

Bagaimana jika pada saat akan melakukan Rewinding sebuah Elektromotor, namun ukuran kawat lilitan (email drat) yang dibutuhkan tidak tersedia di Gudang atau tempat penyimpanan material yang kita miliki, apakah bisa ukuran kawatnya diubah atau diganti?, lalu bagaimana cara menentukan ukuran kawat pengganti gulungan motor tersebut?

Saat kita mengalami ketidak tersediaan Stock Email Drat dengan ukuran yang sesuai dengan yang kita butuhkan, sedangkan Motor yang harus di Rewinding tersebut bersifat Urgent (Vital), maka sebenarnya ukuran kawatnya dapat kita ubah menggunakan ukuran email drat yang tersedia. Namun, banyak yang beranggapan bahwa mengubah ukuran Kawat sering mengalami kegagalan dan kualitas motor tersebut menjadi tidak bagus dan mudah terbakar.



Hal ini disebabkan karena adanya kesalahan yang sering terjadi pada saat mengganti ukuran kawat email drat motor, yakni karena Personil elektrikal mengubah ukuran kawat dengan mengkonversi atau menggunakan perbandingan ukuran diameter.

Tips Rewinding Motor Listrik 1 Fasa

Sebelum kita menggulung motor listrik kita harus mengerti
bahwa ada dua macam kumparan yaitu:

1 konsentris
2.Spiral



Rewinding elektro motor

Untuk memperbaiki motor listrik, langkah-langkahnya sebagai
berikut:

  1. Pertama menggambar bagian alurnya, perencanaan dan daftar lilitan full coil atau half coil serta dihitung jumlah lilitan aslinya dari motor tersebut.
  2. Prespan (kertas plastik yang digunakan untuk melapisi antara kawat email dengan bodi pada alur), Kertas prespan atau mika untuk melapisi Email Kumparan (Lilitan) disesuaikan dengan diameter aslinya.
  3. Ukurlah lebar kumparan pada stator dan buatlah mal
  4. Mal: ​​Diameter lingkaran pada kumparan.
  5. Sirlak: Untuk memolesi kumparan yang sudah terpasang pada motor supaya jika ada goresan pada email bisa
    tertutupi.
  6. Pasanglah kumparan / kawat email pada alur – alur yang telah digulung mulai dari kumparan utama dahulu.
  7. Setelah semua kumparan terpasang pada alur, harus di meger dahulu. Untuk mengetahui supaya ada kumparan yang terhubung dengan body motor
  8. Setelah menginstal kumparan sebaiknya di meger dulu. Gunanya untuk mengecek apakah kumparan tidak
    mengalami kebocoran.
  9. Dapat juga menggunakan AVO meter diukur dengan ohm meter untuk mengetahui tahanan tiap kumparan.
  10. Meger: Memberi arus listrik AC dengan menggunakan alat (Tool) di putar sehingga menghasilkan arus listrik sampai 1000 Volt.
  11. Setelah selesai melilit stator, mengukur kumparan dan hasilnya baik kita coba dengan tegangan listrik Jika penampang kawat menjadi lebih kecil dan jumlah lilitan tetap, maka arus listrik yang mengalir akan menjadi lebih kecil. Sehingga daya listrik berkurang dan daya mekaniknya menjadi kurang. Jika jumlah
    lilitan tiap alur dikurangi, maka akan menyebabkan arus menjadi besar. Sehingga akan menyebabkan panasnya bertambah besar / kelebihan panas (over head).

Mengubah ukuran Kawat Email Elektro Motor

Misalnya Email Drat 1,20 diubah menjadi email drat ukuran 0.60 mm x 2. atau ukuran kawat email drat 1,30 mm diganti menjadi kawat ukuran 0,65 x 2. Apa yang terjadi jika hal ini dilakukan?  jika hal ini dilakukan, maka tentunya akan menyebabkan Daya motor menurun, dan mudah rusak, dan sebenarnya sewaktu memasukkan gulungan ke Alurnya sudah nampak perbedaannya karena akan terasa lebih longgar, kenapa demikian?

Ingat rumus menghitung Nilai Resistan penghantar:

  • R : Resistansi
  • Rho : Tahanan Jenis
  • l = Panjang Penghantar
  • A = Luas Penampang

Dari rumus perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa salah satu hal penting untuk menentukan nilai resistansi kawat penghantar adalah Luas penampang.

Dalam hal ketidak tersediaan Ukuran kawat lilitan yang sesuai dengan yang dibutuhkan, maka dapat dilakukan dengan mengganti ukuran kawat lilitan, namun sebisa mungkin nilai resistansinya harus sama dengan nilai resistansi Kawat lilitan sebelumnya.

Berikut ini Ilustrasi jika kita mengubah ukuran kawat lilitan dengan mengambil perbandingan “Diameter”, sebagai berikut:

Perhitungan untuk mengganti ukuran kawat email drat gulungan motor listrik
Perbandingan ukuran kawat lilitan Motor

Kawat Lilitan kita ibaratkan sebagai sebuah wadah berbentuk Tabung, jika tabung sebelumnya memiliki ukuran Diameter 10 Cm, dan tinggi 10 Cm, lalu kemudian kita ingin mengganti wadah tersebut menjadi dua buah Tabung dengan mengkonversi ukuran Diameter yang sebelumnya 10 Cm, menjadi ukuran diameter 5 cm sebanyak 2 buah tabung, apakah isi kedua tabung tersebut akan sama dengan satu buah tabung yang sebelumnya? Hasilnya Volume akan semakin sedikit, karena keduanya memiliki total Volume yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk mengubah ukuran kawat lilitan sebuah elektro motor, maka kita harus mengkonversinya dari Luas Penampang, dengan catatan panjang dan jumlah lilitannya harus tetap sama dengan yang sebelumnya.

Untuk mengubah atau mengganti ukuran Email drat gulungan Elektro motor, maka yang perlu diketahui adalah Luas penampangnya, bukan Diameter, sedangkan ukuran email drat umumnya adalah Diameter, oleh karena itu kita harus menghitung terlebih dahulu Luas penampang dengan menggunakan rumus Luas Lingkaran masing-masing Diameter Kawat email drat yang digunakan.

  • L : Luas Penampang (Lingkaran)
  • π : Pi (22/7)
  • r : Jari-jari (½ Diameter)

Contoh perhitungan untuk mengubah ukuran Kawat lilitan elektro motor

Contoh-1

Misalnya Sebuah Elektro motor menggunakan Kawat Email drat ukuran 1,20 mm, maka luas penampangnya adalah:

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 1,20 mm
  • r = 0,6 mm
  • L = (22/7) x 0,6 x 0,6
  • L = 1,131429 mm²

Lalu setelah diketahui berapa Luas penampang Kawat yang dibutuhkan, maka kita bisa mencatat ukuran email drat yang tersedia Stocknya di Gudang penyimpanan. kemudian masing-masing diameter kawat yang ada kita konversi lagi dengan mengubahnya menjadi ukuran Luas penampang masing-masing.

Setelah itu, kita sesuaikan Luas penampang Kawat email drat mana yang Nilainya sama atau paling mendekati dengan ukuran Luas Penampang Kawat yang kita butuhkan untuk Re-winding. Sebisa mungkin cari nilai yang paling mendekati dengan nilai akurasi 4 desimal atau lebih.

Misalnya, Ukuran Email Drat yang tersedia adalah diameter 0,60 mm, maka dapat diganti dengan menggunakan ukuran kawat 0,60 mm x 4.

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 0,60 mm
  • r = 0,3 mm
  • L = (22/7) x 0,3 x 0,3
  • L =  0,282857 mm²
  • Luas Penampang yang dibutuhkan adalah 1,131429 mm²
  • Luas Penampang Kawat yang tersedia 0,282857 mm²
  • Jumlah yang dibutuhkan : 1,131429 mm² / 0,282857 mm² = 4

Sehingga, ukuran kawat lilitan yang sebelumnya diameter 1,20 mm, dapat digantikan dengan kawat email drat diamater 0,60 mm x 4.

Contoh-2

Misalnya Sebuah Elektro motor menggunakan Kawat Email drat ukuran 1,30 mm, maka luas penampangnya adalah:

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 1,30 mm
  • r = 0,65 mm
  • L = (22/7) x 0,65 x 0,65
  • L = 1,327857 mm²

Lalu setelah diketahui berapa Luas penampang Kawat yang dibutuhkan, maka kita bisa mencatat ukuran email drat yang tersedia Stocknya di Gudang penyimpanan. kemudian masing-masing diameter kawat yang ada kita konversi lagi dengan mengubahnya menjadi ukuran Luas penampang masing-masing.

Setelah itu, kita sesuaikan Luas penampang Kawat email drat mana yang Nilainya sama atau paling mendekati dengan ukuran Luas Penampang Kawat yang kita butuhkan untuk Re-winding. Sebisa mungkin cari nilai yang paling mendekati dengan nilai akurasi 4 desimal atau lebih.

Misalnya, Ukuran Email Drat yang tersedia adalah diameter 0,75 mm, maka dapat diganti dengan menggunakan ukuran kawat 0,75 mm x 3.

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 0,75 mm
  • r = 0,375 mm
  • L = (22/7) x 0,375 x 0,375
  • L =  0.44196 mm²
  • Luas Penampang yang dibutuhkan adalah 1,327857 mm²
  • Luas Penampang Kawat yang tersedia 0,44196 mm²
  • Jumlah yang dibutuhkan : 1,327857 mm² / 0,44196 mm² = 3

Sehingga, ukuran kawat lilitan yang sebelumnya diameter 1,30 mm, dapat digantikan dengan kawat email drat diamater 0,75 mm x 3.

Contoh-3

Misalnya Sebuah Elektro motor menggunakan Kawat Email drat ukuran 0,85 mm x 2, maka luas penampangnya adalah:

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 0,85 mm
  • r = 0,425 mm
  • L = (22/7) x 0,425 x 0,425 x 2
  • L = 1,135357 mm²

Lalu setelah diketahui berapa Luas penampang Kawat yang dibutuhkan, maka kita bisa mencatat ukuran email drat yang tersedia Stocknya di Gudang penyimpanan. kemudian masing-masing diameter kawat yang ada kita konversi lagi dengan mengubahnya menjadi ukuran Luas penampang masing-masing.

Setelah itu, kita sesuaikan Luas penampang Kawat email drat mana yang Nilainya sama atau paling mendekati dengan ukuran Luas Penampang Kawat yang kita butuhkan untuk Re-winding. Sebisa mungkin cari nilai yang paling mendekati dengan nilai akurasi 4 desimal atau lebih.

Misalnya, Ukuran Email Drat yang tersedia adalah diameter 0,60 mm, maka dapat diganti dengan menggunakan ukuran kawat 0,60 mm x 4.

  • r = ½ Diameter
  • r = ½ x 0,60 mm
  • r = 0,3 mm
  • L = (22/7) x 0,3 x 0,3
  • L =  0,282857 mm²
  • Luas Penampang yang dibutuhkan adalah 1,135357 mm²
  • Luas Penampang Kawat yang tersedia 0,282857 mm²
  • Jumlah yang dibutuhkan : 1,135357 mm² / 0,282857 mm² = 4

Sehingga, ukuran kawat lilitan yang sebelumnya diameter 0,85 mm x 2, dapat digantikan dengan kawat email drat diamater 0,60 mm x 3.

Untuk mempermudah perhitungan, berikut ini Tabel ukuran diameter kawat Email drat dan Luas penampangnya.

Tabel Diameter dan Luas Penampang Kawat Email Drat

menghitung ukuran kawat email drat pengganti
Tabel ukuran Diameter dan Luas penampang Email Drat

Kesimpulan

Memang mengganti ukuran kawat dengan yang kita inginkan bisa saja dilakukan, namun kembali lagi kepada resiko dan akibat ataupun dampak yang akan terjadi ketika kita salah dalam perhitungan. Jadi harus benar-benar di perhatikan dan perhitungan yang tepat dalam melakukannya. Semoga bermanfaat

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com