Komunikasi Data M2M (Machine To Machine) Pada SISPEK

alwepo, Sistem Informasi Pemantauan Emisi Industri Kontinyu (SISPEK) merupakan sebuah sistem yang sangat penting dalam menjaga dan mengontrol emisi industri yang dihasilkan oleh berbagai perusahaan. Untuk mencapai tujuannya, SISPEK mengandalkan teknologi informasi yang dikenal sebagai komunikasi data M2M (Machine to Machine).

Komunikasi Data M2M (Machine To Machine) Pada SISPEK

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang prinsip kerja SISPEK dan bagaimana teknologi komunikasi data M2M berperan dalam operasinya.

Prinsip Kerja SISPEK

SISPEK merupakan sistem pemantauan emisi industri yang beroperasi secara kontinyu. Prinsip kerja SISPEK dapat diuraikan dalam beberapa tahap penting:

  1. Pengukuran Emisi: Emisi yang berasal dari cerobong industri diukur dengan menggunakan peralatan Continuous Emission Monitoring System (CEMS). Data hasil pengukuran ini diperbarui setiap 5 menit.
  2. Akuisisi Data: Data dari CEMS diambil dan diakuisisi melalui Data Acquisition System (DAS) setiap 5 menit. DAS bertindak sebagai perangkat yang mengumpulkan data emisi dari peralatan CEMS.
  3. Data Interfacing System (DIS): Data yang telah dikumpulkan oleh DAS dikirim ke Data Interfacing System (DIS). DIS adalah suatu sistem yang terdiri dari aplikasi dan penyimpanan data yang bertanggung jawab untuk memproses pengiriman data dari server perusahaan ke server SISPEK.
  4. Autentikasi: DIS akan meminta file autentikasi kepada server SISPEK. File autentikasi ini berisi kode-kode yang diperlukan untuk mengirimkan data setiap satu jam ke server SISPEK. Autentikasi ini penting untuk memastikan bahwa data yang dikirimkan benar-benar berasal dari sumber yang sah.
  5. Pengiriman Data: Setelah autentikasi berhasil, DIS akan mengirimkan data emisi ke server SISPEK. Data ini akan disalurkan secara berkala, yakni setiap satu jam.
  6. Konfirmasi Respon: Setelah data berhasil terkirim, DIS akan menerima respon dari server SISPEK yang menandakan bahwa data telah berhasil masuk ke dalam sistem SISPEK. Ini merupakan langkah penting untuk memastikan keberhasilan pengiriman data.
  7. Pemrosesan Data: Selanjutnya, aplikasi SISPEK akan mengolah data yang telah diterima dari perusahaan. Data ini akan diolah dan disajikan dalam berbagai bentuk, termasuk tabel baku mutu, grafik tren real-time emisi, dan evaluasi pelaporan industri. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan menganalisis emisi industri secara efisien.
  8. Akses Publik: Data lokasi, profil, dan status integrasi industri dapat diakses oleh publik melalui website resmi SISPEK di alamat https://ppkl.menlhk. go .id /website/ index. php?gis=on. Ini memberikan transparansi dan aksesibilitas yang tinggi bagi pihak yang tertarik.

Manfaat Komunikasi Data M2M

Teknologi komunikasi data M2M (Machine to Machine) adalah fondasi utama yang memungkinkan SISPEK beroperasi secara efisien. Dengan adopsi teknologi ini, SISPEK dapat mengumpulkan data emisi secara terus-menerus, mengirimkannya ke server pusat, dan mengolahnya dalam waktu nyata. Beberapa manfaat utama dari komunikasi data M2M dalam SISPEK meliputi:



  1. Pemantauan Real-Time: Data emisi dapat dipantau dan dianalisis dalam waktu nyata, memungkinkan tindakan cepat jika ada pelanggaran ambang batas emisi.
  2. Akurasi Tinggi: Komunikasi data M2M meminimalkan risiko kesalahan manusia dalam proses pengumpulan dan pengiriman data.
  3. Ketersediaan Data Publik: Data emisi industri dapat diakses oleh publik, menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam upaya menjaga lingkungan.
  4. Efisiensi Proses: SISPEK dapat mengotomatisasi proses pemantauan dan pelaporan, mengurangi beban kerja manual.

Dengan teknologi komunikasi data M2M, SISPEK memiliki alat yang kuat dalam upaya menjaga kualitas lingkungan dan memastikan bahwa perusahaan-perusahaan mematuhi regulasi emisi industri yang berlaku. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com