Jangan Bertindak Seperti Lalat

Kisah Lalat Ini Mengajari Kita Bedanya Keras dan Kerja Cerdas

Didepan sebuah rumah terdapat tong sampah yang di penuhi segerombolan lalat yang sedang terbang. Rumah itu memiliki jendela yang terbuat dari kaca dan sedang terbuka. Llu, seekor lalat bergegas terbng memasuki rumah mellui jendela tersebut. Didapati meja yg penuh dengan makanan lezat. 
“Hmmm…  Lezat… Aku bosan dengan sampah-sampah itu. Kini saatnya aku menikmati makanan-makanan lezat & segar” kata lalat tersebut. 
Setelah lalat kenyang, ia hendak ingin keluar dan terbang menuju jendela yang sama. Namun, ternyata jendela kaca telah tertutup rapat. 
Si lalat hinggap sebentar di kaca memandangi teman-temannya yang melambaikan tangan seolah meminta agar dia kembali bergabung dengan mereka. 
Silalat mengitari kaca. Sesekali ia melompat dan menerjang kaca itu. Dengan tak kenal menyerah, si lalat mencoba keluar dari jendela kaca. Lalat merayap mengelilingi kaca dari bawah ke atas dan dari kanan ke kiri, bolak-balik demikian berulang-ulang. Hari semakin petang, si lalat tampak lelah dn kelaparan. Esok paginya lalat itu terkulai lemas dan terkapar di lantai. 
Tidak jauh dari tempat itu, segerombolan semut merah berjalan beriringan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Saat mereka menjumai lalat yang tidak berdaya itu, dengan serentak mereka berkerumun dan menggigit tubuh lalat itu hingga mati. Kemudian kawanan semut mengankuy bngkai lalat ke sarang mereka. 
Di dalam perjalanan seekor semut kecil bertanya pada pemimpinnya, “Ada apa dengan lalat ini, pak?  Mengapa dia sekarat? “

“Nak,,, hal seperti ini sudah sering terjadi. Ada saja lalat yang mati sia-sia seperti ini. Sebenarnya, mereka ini telah berusaha dengan keras dan bersungguh-sungguh. Namun, ketika tidak menemukan jalan keluat, dia frustasi dan kelelahan hingga akhirnya jatuh sekarat dan menjadi makanan kita. “

Semut kecil kembali bertanya. “Bukannya lalat itu sudah berusaha & berjuang, tapi kenana tidak berhasil??? “

Kemudian pemimpinnya menjawab “Lalat itu adalah lalat yang tidak kenal menyerah dan telah mencoba berulang-ulang. HNYA SAJA, IA MELAKUKANNYA DENGAN CARA-CARA YANG SAMA”

Ingat, mungkin semua orang melakukan hal yang sama. Namun seorang pemenang berhasil ke luar sebagai juara karena ia melakukannya dengan cara yang berbeda.

Dikutip Dari Buku “EURECLE”
Read also  Parameter Mutu Minyak Sawit