Fitting Lampu

Fitting lampu adalah bagian dari lampu yang digunakan untuk menghubungkan lampu dengan sumber listrik.
Fitting lampu biasanya terdiri dari sebuah socle atau socket yang menyediakan koneksi listrik ke lampu, serta sebuah kabel yang menghubungkan socle dengan stopkontak atau kontak dinding.
Fitting lampu juga bisa terdiri dari sebuah adaptor yang digunakan untuk mengubah tipe socle lampu agar sesuai dengan tipe socket yang tersedia. Kamu bisa mendapatkan atau membeli fitting lampu di toko listrik terdekat di sekitar daerah kamu.

Jenis Fitting Lampu

Ada beberapa tipe fitting lampu yang biasa digunakan, antara lain:

Fitting lampu E27

Tipe fitting ini merupakan tipe yang paling umum dan sering digunakan. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 27 mm dan umumnya digunakan untuk lampu bohlam atau lampu kristal.

Fitting lampu E14

Tipe fitting ini memiliki diameter 14 mm dan biasanya digunakan untuk lampu bohlam atau lampu kristal dengan ukuran kecil.

Fitting lampu GU10

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu spot atau lampu downlight. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 10 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu B22

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu bohlam atau lampu kristal. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 22 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu G9

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu bohlam atau lampu kristal dengan ukuran kecil. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 9 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu MR16

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu spot atau lampu downlight. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 16 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu R7S

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu pijar atau lampu inframerah. Socle dengan tipe ini memiliki panjang 118 mm dan biasanya digunakan untuk lampu dengan daya tinggi.

Fitting lampu AR111

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu spot atau lampu downlight dengan ukuran besar. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 111 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu PAR38

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu spot atau lampu downlight. Socle dengan tipe ini memiliki diameter 38 mm dan menggunakan soket dengan konektor bayonet.

Fitting lampu T5

Tipe fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu neon atau lampu fluorescent. Socle dengan tipe ini memiliki panjang 5 cm dan biasanya digunakan untuk lampu dengan daya tinggi.

 

Jenis Fitting Lampu Rumah

Fitting Lampu Rumah Minimalis (1)
  1. Fitting Lampu Bohlam Fitting ini merupakan tipe yang paling umum digunakan di rumah. Fitting lampu bohlam memiliki socle yang dapat menerima lampu bohlam dengan tipe E27, E14, atau B22.
  2. Fitting Lampu Spot Fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu spot atau lampu downlight. Fitting lampu spot memiliki socle yang dapat menerima lampu dengan tipe GU10, MR16, atau AR111.
  3. Fitting Lampu Neon Fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu neon atau lampu fluorescent. Fitting lampu neon memiliki socle yang dapat menerima lampu dengan tipe T5.
  4. Fitting Lampu Pijar Fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu pijar atau lampu inframerah. Fitting lampu pijar memiliki socle yang dapat menerima lampu dengan tipe R7S.
  5. Fitting Lampu LED Fitting ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk lampu LED. Fitting lampu LED memiliki socle yang dapat menerima lampu LED dengan tipe E27, E14, atau B22.

 

Harga dan Merk Fitting Lampu

Ada banyak merk fitting lampu yang tersedia di pasaran, antara lain:

  1. Philips
  2. Osram
  3. Samsung
  4. LG
  5. Cree
  6. Panasonic
  7. Nichia
  8. Bridgelux
  9. Epistar
  10. Toyoda Gosei

Sebagai referensi, di bawah ini adalah contoh harga fitting lampu berdasarkan merk dan tipe:

  1. Fitting Lampu E27 Philips: Rp 100,000
  2. Fitting Lampu E14 Osram: Rp 90,000
  3. Fitting Lampu GU10 Samsung: Rp 150,000
  4. Fitting Lampu B22 LG: Rp 120,000
  5. Fitting Lampu G9 Cree: Rp 200,000
  6. Fitting Lampu MR16 Panasonic: Rp 150,000
  7. Fitting Lampu R7S Nichia: Rp 250,000
  8. Fitting Lampu AR111 Bridgelux: Rp 300,000
  9. Fitting Lampu PAR38 Epistar: Rp 200,000
  10. Fitting Lampu T5 Toyoda Gosei: Rp 350,000

Harga di atas hanya sebagai referensi dan bisa berbeda tergantung pada lokasi penjualan. Sebagai tambahan, pastikan untuk membeli fitting lampu dari toko atau distributor yang terpercaya agar mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan yang Anda inginkan.