Fibercyclone (Depericarper) (Bagian 2) Faktor yang mempengaruhi Depricarper

WhatsApp%2BImage%2B2019 11 28%2Bat%2B21.07.15%25282%2529

Kualitas TBS yang baik dengan persentase nut yang berukuran besar yang tinggi akan mendapatkan separasi yang baik fibre terhadap nut dalam proses depericarping.  Hal ini tidak dalam ruang lingkup control pabrik secara langsung.
Dengan assumsi bahwa system ini berfungsi dengan separasi yang baik dimana disain dan kontruksinya dikerjakan dengan baik, beberapa factor agar separasinya effisien dalam ruang lingkup control pabrik adalah sebagai berikut : 
(a) Perebusan yang baik
Dengan perebusan yang baik maka akan hasil pegepressan akan baik yang mana jumlah fibre yang terlepas/terurai dari nut semakin effektif.
(b) Pressing yang baik.
Pastikan bahwa kandungan oil/moisture rendah di dalam cake.
Nut pecah yang rendah akan menurunkan kernel losses di fibre.
(c) Pencacahan fibre (Effective breakup) dan pelepasan moisture di CBC ;
Memberikan kondisi yang baik untuk separasi yang baik.
Mengurangi menggumpalnya fibre di dalam system.
CBC mempunyai ketentuan untuk tujuan diatas yaitu Tipping Velocity CBC adalah 2.2 – 2.4 m/dt. Jadi dengan diameter CBC tertentu akan dihasilkan rpm tertentu pula.
(d) Kondisi system depericarping yang baik.
Akan menghasilkan separasi yang baik.
Dapat mengatasi dalam kondisi loading yang berfluktuasi.
Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah jarak centre to centre CBC ke Nut Polishing Drum adalah 2500 mm s/d 3500 mm. Jarak ini memberikan kesempatan agar nut dapat memisahkan diri dengan fibre satu sama lain dengan baik, dan sekalipun fibre jatuh hingga ke bawah sebelum menyentuh conveyor polishing drum bisa terangkat kembali ke atas.
Selain di CBC diciptakan penguraian penggumpalan fibre juga pelepasan nut dari fibre, di separting coloumn juga dilakukan pemisahan nut dan fibre dengan cara menciptakan kecepatan udara yang dapat memisahkan keduanya. Kecepatan pemisahan yang diperlukan adalah 13 m/dt.
Dalam table lifting dan conveying velocity untuk wet fibre lifting velocitynya adalah 6 m/dt dan conveying velocity adalah 25 m/dt.
Jadi khusus untuk elbow pada ducting depericarper dapat dihitung berdasarkan rumus Phytagoras yaitu
                        clip image002= 25.7 m/dt.
Dengan menggabungkan dengan persamaan kontinuitas dapat diketahui luas penampang pada elbow.
(e) Kapasitas udara memenuhi
Bila kapasitas udara berlebihan maka akan terjadi losses kernel di fibred dan bila kapasitas udara kurang maka banyak fibre yang tercarry over di nut hingga menumpuk di Nut Polishing Drum dan mengakibatkan trip.

Read also  Stasiun Perebusan Konvensional (Sterilizing Station)