Fibercyclone (Depericarper) (Bagian 1)

WhatsAppImage2019 12 12at03.42.22.jpeg

 

fibercyclone
 

Fibercyclone (Depericarper)

Fungsi Utama Fibercyclone 

Fungsi Utama dari depericarping adalah untuk memisahkan dari nut dengan kernel losses yang minimum yang ter-carry over oleh fibre dan terbawa oleh nut.

Prinsip Dasar Fibercyclone

Prinsip dasar daripada depericarping adalah berdasarkan pemisahan antara benda padat dengan benda padat lainnya secara mekanik/pneumatic.
Secara Typical, Proses depericarping ruang lingkupnya dimulai dari inlet cake breaker conveyor dan berakhir  di inlet  wet nut elevator.
Press cake adalah terdiri dari campuran/mixture fibre dan nut/kernel memasuki  cake breaker conveyor yang memiliki satu rangkaian pisau pedal yang dapat disetel arah tangensialnya.  CBC selain type pedal juga dapat dibuat type cut and flight conveyor atau Full Ribbon Conveyor dengan diberi tipping flat bar. Type tipping flat bar lebih disukai pemakaian akhir-akhir ini karena alasan fabrikasi lebih mudah tanpa banyak pekerjaan pemotongan seperti model pedal dan cut n flight.
 

Proses yang Terjadi 

Mixture fibred dan nut/kernel terurai dan moisture dari mixture menguap/terlepaskan sepanjang cake breaker conveyor. Dalam hal pelepasan moisture Full Ribbon Conveyor sedikit mengalami kenaikan moisture sekitar 3% dibandingkan dua type lainnya.
Kemudian cake mixture ini memasuki separation column yang mana nut yang lebih berat terpisahkan dari fibre yang lebih ringan oleh aliran udara.  Fibre tertarik melalui ducting dan keluar dari airlock melalui fibre cyclone yang selanjutnya terbawa ke ke atau platform bahan bakar.  Sedangkan nut jatuh ke polishing drum untuk menjalani proses pemolesan lebih lanjut terhadap fibre yang masih melekat di nut.
Kalau ditinjau secara detail dari prinsip pemisahan di dericarper dapat dilihat bahwa cake hasil pressan dari press bukan hanya berupa campuran nut dan fibre tapi ada komponen lainnya yaitu berupa moisture, small kernel, small shell, small nut, average nut, large nut, stone, scrap (potongan besi).
 
Dari komponen-komponen ini yang akan ditarik ke arah cyclone depericarper idealnya adalah fibre, small shell dan moisture (moisture yang belum lepas di cbc). Fiber selanjutnya akan dikeluarkan melalui airlock. Sedangkan moisture bersama udara dihembuskan melalui discharge daripada fan.
 
Namun pada kenyataan masih ada small kernel, small shell dan small nut yang carry over bersama fibre, bisa jadi karena masih terperangkap dalam fibre.
 
Standard maksimum kernel losses di fibre cyclone adalah 2 %, bahkan ada beberapa pabrik menekannya losses hanya maksimum 1 %.
Sedangkan yang akan jatuh ke bawah menuju nut polishing drum idealnya adalah small kernel, small shell, small nut, average nut, large nut, stone, scrap.
fibercyclone
 
Bagian outlet dari drum panjangnya separuh dari drum itu sendiri yang terdiri dari dua bagian/section yang berbentuk perforated sorting screen.  Section yang pertama, akan mengijinkan keluarnya kernel/shell yang ukuran lebih kecil yang terjadi pada proses pressing.  Nut selanjutnya akan jatuh ke wet nut inclined conveyor pada section kedua dimana perforated sorting screen lebih besar pada bagian ujung dari drum.
Itulah tentang fibercyclone pabrik kelapa sawit. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca.

 

Read also  Siklus Alat/Unit di Pabrik Kelapa Sawit