Excavator PC 75, Fungsi dan Berbagai Tipe Dalam Aplikasi Industri

Excavator PC 75 adalah salah satu jenis alat berat yang digunakan dalam industri konstruksi. Alat ini memiliki fungsi untuk menggali tanah, memindahkan bahan, dan mengangkat material berat. Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam tentang pengertian, manfaat, tipe dan jenis, bagian utama, keuntungan dan kekurangan, serta cara perawatan Excavator PC 75.

 

Pengertian Excavator PC 75

Excavator PC 75 adalah salah satu jenis alat berat Excavator yang digunakan untuk menggali dan mengangkat material di industri konstruksi. Alat ini memiliki bentuk seperti lengan yang terpasang pada sebuah chasis dan dilengkapi dengan ember atau bucket untuk menggali dan mengangkat material. Excavator PC 75 juga dilengkapi dengan mesin yang kuat dan stabil, sehingga mampu bekerja dengan efisien dan produktif.

 



Arti dari Excavator PC 75 (Arti PC 75)

Excavator PC 75, Fungsi dan Berbagai Tipe Dalam Aplikasi Industri

Excavator PC 75 merupakan tipe atau model dari alat berat excavator yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Komatsu. Singkatan “PC” pada Excavator PC 75 memiliki arti “Powerful Control”. Sedangkan angka “75” menunjukkan ukuran atau kapasitas alat excavator tersebut, yaitu memiliki bobot operasi sekitar 7,5 ton. Selain itu, angka-angka pada tipe atau model excavator Komatsu seringkali menunjukkan ukuran atau kapasitas mesin dan kapasitas kerja dari alat tersebut.



 

Spesifikasi umum dari Excavator PC 75:

  • Tipe mesin: Komatsu SAA4D95LE-5
  • Daya mesin: 55,6 kW/75 HP
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 160 liter
  • Kecepatan maksimal: 5,3 km/jam
  • Tekanan hidraulik: 280 kg/cm2
  • Kapasitas bucket: 0,3 m3 – 0,35 m3
  • Kedalaman gali maksimal: 4,2 meter – 6,1 meter
  • Berat operasi: 7.330 kg – 8.050 kg

List Manfaat Excavator PC 75

1. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Excavator PC 75 mampu menggali dan mengangkat material dengan cepat dan mudah, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja di lapangan. Alat ini juga dilengkapi dengan sistem hydraulic yang memungkinkan operator untuk mengontrol gerakan lengan dengan mudah dan presisi.

2. Mengurangi Biaya Produksi

Dengan menggunakan Excavator PC 75, biaya produksi dapat ditekan karena alat ini mampu bekerja dengan cepat dan efisien. Selain itu, alat ini juga memiliki kapasitas yang besar untuk mengangkat material, sehingga jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat material dapat diminimalisir.



3. Meningkatkan Keamanan Kerja

Excavator PC 75 dilengkapi dengan fitur keamanan seperti pelindung operator dan sistem kunci pengaman, sehingga dapat meningkatkan keamanan kerja. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan lampu penerangan yang memudahkan operator untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya.

4. Mempermudah Pekerjaan Konstruksi

Excavator PC 75 memiliki kemampuan untuk menggali dan mengangkat material dalam jumlah yang besar dan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah pekerjaan konstruksi. Alat ini juga dapat digunakan untuk membuat jalur dan jalan di lokasi konstruksi.

Bagian Utama Excavator PC 75

Bagian utama dari excavator PC 75 sebenarnya sama saja dengan excavator PC 200, berikut beberapa bagian utamanya:

Lengan (arm)

Lengan adalah bagian utama dari Excavator PC 75 yang berfungsi untuk menggali dan mengangkat material. Lengan biasanya dilengkapi dengan bucket atau ember untuk menggali dan mengangkat material.

Chasis

Chasis merupakan bagian utama dari Excavator PC 75 yang menjadi penyangga seluruh bagian alat. Chasis biasanya dibuat dari bahan yang kuat seperti baja untuk menopang berat alat berat ini.

Mesin

Mesin adalah bagian utama dari Excavator PC 75 yang menghasilkan daya untuk menggerakkan alat berat ini. Mesin biasanya menggunakan bahan bakar diesel dan dilengkapi dengan teknologi Tier 2 Engine untuk menghasilkan daya yang lebih kuat.

Bucket (ember)

Bucket atau ember adalah bagian yang terpasang pada lengan alat berat yang berfungsi untuk menggali dan mengangkat material. Bucket biasanya memiliki berbagai ukuran dan jenis sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Sistem hydraulic

Sistem hydraulic adalah bagian utama dari Excavator PC 75 yang memungkinkan operator untuk mengontrol gerakan lengan dengan mudah dan presisi. Sistem hydraulic juga memungkinkan alat berat ini untuk bekerja dengan cepat dan efisien.

 

Tipe dan Jenis Excavator PC 75

Excavator PC 75 memiliki beberapa tipe dan jenis yang dibedakan berdasarkan ukuran, spesifikasi, dan kegunaannya. Berikut adalah beberapa tipe dan jenis Excavator PC 75:

1. PC75UU-2

Tipe ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari tipe lainnya dan cocok digunakan di area yang sempit. Spesifikasi dari tipe ini adalah:

  • Kapasitas bucket 0.3 m3
  • Kedalaman gali maksimal 4,2 meter
  • Daya mesin 55,6 kW
  • Berat operasi 7.510 kg

2. PC75UU-3

Tipe ini memiliki spesifikasi yang lebih canggih dan bisa digunakan di berbagai jenis pekerjaan konstruksi. Spesifikasi dari tipe ini adalah:

  • Kapasitas bucket 0.3 m3
  • Kedalaman gali maksimal 4,3 meter
  • Daya mesin 55,6 kW
  • Berat operasi 7.580 kg

3. PC75R-2

Tipe ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih kuat dibandingkan tipe PC75UU-2 dan PC75UU-3. Spesifikasi dari tipe ini adalah:

  • Kapasitas bucket 0.35 m3
  • Kedalaman gali maksimal 5,9 meter
  • Daya mesin 55,6 kW
  • Berat operasi 7.890 kg

4. PC75R-3

Tipe ini memiliki spesifikasi yang lebih canggih dan bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan konstruksi. Spesifikasi dari tipe ini adalah:

  • Kapasitas bucket 0.35 m3
  • Kedalaman gali maksimal 6,1 meter
  • Daya mesin 55,6 kW
  • Berat operasi 8.050 kg

5. PC75UU-1

Tipe ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan tipe PC75R-2 dan PC75R-3 dan cocok digunakan di area yang sempit. Spesifikasi dari tipe ini adalah:

  • Kapasitas bucket 0.3 m3
  • Kedalaman gali maksimal 4,2 meter
  • Daya mesin 55,6 kW
  • Berat operasi 7.330 kg

 

Keuntungan dan Kekurangan Excavator PC 75

Keuntungan:

  1. Meningkatkan efisiensi kerja di lapangan.
  2. Mengurangi biaya produksi.
  3. Meningkatkan keamanan kerja.
  4. Mempermudah pekerjaan konstruksi.

Kekurangan:

  1. Harga yang mahal.
  2. Membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar.
  3. Ukuran yang besar dan sulit untuk digunakan di lokasi yang sempit.

 

Cara Perawatan Excavator PC 75

  1. Memeriksa dan membersihkan alat secara berkala.
  2. Memeriksa kondisi mesin dan melakukan penggantian oli secara rutin.
  3. Memeriksa sistem hydraulic dan melakukan penggantian jika ditemukan kerusakan.
  4. Memeriksa kondisi bucket dan melakukan penggantian jika ditemukan kerusakan.
  5. Memeriksa sistem kelistrikan dan melakukan penggantian jika ditemukan kerusakan.

 

Kesimpulan

Excavator PC 75 adalah alat berat yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan di industri konstruksi. Alat ini dilengkapi dengan berbagai bagian utama seperti lengan, chasis, mesin, bucket, dan sistem hydraulic. Selain itu, alat ini juga memiliki keuntungan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Untuk mempertahankan kinerja alat ini, perawatan yang rutin dan teratur juga sangat penting dilakukan.

 

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com