Daftar Spare Part Backhoe Loader yang Sering Dibutuhkan


alwepo, Daftar Spare Part Backhoe Loader – Sebagai alat berat yang sering digunakan di konstruksi, backhoe loader seringkali mengalami kerusakan atau keausan pada beberapa komponennya. Untuk memperbaiki backhoe loader yang rusak, Anda membutuhkan spare part yang sesuai dengan jenis dan model alat berat tersebut. Artikel kali ini team alwepo akan membahas daftar spare part backhoe loader yang sering dibutuhkan.

Daftar Spare Part

Daftar Spare Part Backhoe Loader yang Sering Dibutuhkan

Berikut adalah daftar spare part backhoe loader yang sering dibutuhkan:

1. Ban

Pemilihan ban yang tepat sangat penting untuk kinerja backhoe loader. Pastikan untuk memilih ban yang sesuai dengan jenis dan ukuran alat berat tersebut. Selain itu, perhatikan juga jenis permukaan jalan yang akan dilalui, misalnya jalan aspal atau tanah berbatu. Pilih ban yang sesuai dengan jenis permukaan jalan untuk memaksimalkan traksi dan kenyamanan saat mengoperasikan backhoe loader.

Periksa tekanan angin pada ban secara berkala, karena tekanan angin yang kurang dapat mempengaruhi kinerja ban dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Selain itu, periksa juga kembangan ban, yaitu jarak antara permukaan jalan dan pusat ban. Pastikan kembangan ban dalam rentang yang dianjurkan untuk menghindari kerusakan pada ban dan komponen suspensi.

Pilih ban dengan kualitas yang baik untuk memastikan ketahanan dan umur panjangnya. Ban yang rusak atau sudah aus dapat mempengaruhi kinerja backhoe loader dan meningkatkan risiko kecelakaan saat digunakan.

2. Filter Udara

Filter udara pada backhoe loader berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara sebelum masuk ke mesin. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat mempengaruhi kinerja mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Pastikan untuk memeriksa filter udara secara berkala dan membersihkannya jika diperlukan. Jika filter udara sudah terlalu kotor atau tersumbat, sebaiknya diganti dengan filter udara yang baru. Penggantian filter udara harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal.

Filter udara yang kotor atau rusak juga dapat meningkatkan emisi gas buang dan mempengaruhi kualitas udara di sekitar backhoe loader. Oleh karena itu, perhatikan kondisi filter udara dengan baik untuk menjaga kinerja mesin dan lingkungan sekitar.

3. Filter Oli

Filter oli merupakan salah satu komponen penting pada backhoe loader yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel lain dari oli sehingga oli tetap bersih dan mampu melumasi mesin dengan baik. Pastikan filter oli dalam kondisi baik dan diganti secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jika filter oli kotor atau tersumbat, maka sirkulasi oli dalam mesin akan terganggu, mengurangi kinerja mesin, dan meningkatkan risiko kerusakan pada mesin.

Untuk mengganti filter oli, pastikan mesin dalam kondisi dingin dan matikan mesin. Lepaskan filter oli lama dan pasang filter oli yang baru dengan benar. Pastikan juga untuk menambahkan oli baru sesuai dengan rekomendasi pabrik dan memeriksa level oli secara berkala.

Penting untuk tidak mengoperasikan backhoe loader dengan filter oli yang kotor atau rusak, karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan mengurangi umur pakai alat berat.

Baca Juga: Daftar Aksesoris Backhoe Loader yang Bisa Meningkatkan Kinerja

4. Baterai

Baterai adalah salah satu komponen penting pada mesin backhoe loader. Tanpa baterai yang baik, mesin tidak dapat dihidupkan dan akan menghambat pekerjaan konstruksi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi baterai secara berkala untuk memastikan bahwa baterai selalu dalam kondisi yang baik.

Untuk memeriksa kondisi baterai, pastikan bahwa terminal baterai bersih dan kering. Bersihkan terminal secara teratur untuk mencegah terjadinya oksidasi atau kerak pada terminal yang dapat mengganggu aliran listrik. Selain itu, pastikan kabel penghubung baterai terpasang dengan kuat dan tidak longgar.

Jika baterai sudah tua atau sering mengalami masalah seperti sulit dihidupkan atau tidak tahan lama, maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Ganti baterai secara teratur untuk mencegah terjadinya masalah pada mesin backhoe loader akibat baterai yang lemah atau rusak.

Dalam memilih baterai baru, pastikan untuk memilih baterai yang sesuai dengan jenis dan ukuran backhoe loader. Pilih baterai dengan kapasitas dan voltase yang tepat agar dapat menghidupkan mesin dengan baik.

5. Lampu

Lampu pada backhoe loader sangat penting terutama jika Anda sering melakukan pekerjaan di malam hari. Lampu ini membantu Anda untuk melihat dengan jelas di area pekerjaan dan memastikan keselamatan Anda serta pekerjaan yang Anda lakukan.

Pastikan lampu-lampu pada backhoe loader selalu dalam kondisi baik dan diganti jika diperlukan. Pemeriksaan teratur pada sistem kelistrikan backhoe loader juga penting untuk memastikan lampu dapat berfungsi dengan optimal dan mencegah kerusakan pada sistem kelistrikan. Jangan lupa untuk membersihkan kaca lampu secara berkala agar cahaya dari lampu dapat menyebar dengan optimal dan membantu Anda dalam melakukan pekerjaan di malam hari.

6. Shock Absorber

Daftar Spare Part Backhoe Loader yang Sering Dibutuhkan

Shock absorber berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran pada backhoe loader. Pilih shock absorber yang sesuai dengan jenis dan ukuran alat berat ini untuk mencegah kerusakan pada komponen lain. Periksa secara berkala untuk memastikan kondisinya selalu baik dan lakukan penggantian jika sudah aus atau rusak. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan saat mengoperasikan backhoe loader dan mencegah kerusakan yang lebih besar pada alat berat tersebut.

7. Belt

Belt digunakan untuk menggerakkan beberapa komponen pada mesin backhoe loader. Komponen-komponen tersebut antara lain alternator, kompresor AC, dan water pump. Jika belt mengalami kerusakan atau keausan, maka kinerja dari komponen-komponen tersebut dapat terganggu dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada mesin. Oleh karena itu, pastikan belt selalu dalam kondisi yang baik dan diganti jika sudah terlihat ada tanda-tanda keausan atau retak. Periksa juga ketegangan belt secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

8. Kopling

Kopling merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada backhoe loader. Fungsi utama dari kopling adalah untuk menghubungkan mesin dengan transmisi sehingga roda dapat bergerak. Ketika pedal kopling diinjak, maka kopling akan memutus hubungan antara mesin dan transmisi sehingga roda akan berhenti bergerak.

Untuk memastikan kopling selalu dalam kondisi yang baik, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah ada kerusakan atau keausan pada komponen ini. Jika ditemukan kerusakan atau keausan, maka kopling harus segera diganti agar tidak berdampak pada kinerja mesin dan transmisi.

Penggantian kopling pada backhoe loader sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman agar proses penggantian dapat dilakukan dengan tepat dan sesuai prosedur. Pastikan juga untuk memilih kopling yang berkualitas baik agar kinerja backhoe loader tetap optimal.

Baca Juga: Daftar Harga Sewa Backhoe Loader Terbaru dan Terlengkap

9. Radiator

Radiator pada backhoe loader sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah terjadinya overheating. Radiator berfungsi sebagai tempat keluar masuknya cairan pendingin yang berperan penting dalam menjaga suhu mesin. Pastikan radiator selalu dalam kondisi yang baik dan bersih dari kotoran atau endapan yang dapat menghambat sirkulasi pendingin. Periksa juga level cairan pendingin secara berkala dan pastikan tidak kurang atau berlebihan.

Radiator yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada mesin seperti mesin panas berlebihan, korosi pada komponen mesin, dan kerusakan pada head gasket. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa radiator secara rutin dan membersihkannya dari kotoran atau endapan yang dapat mengganggu kinerjanya.

10. Saringan Hidrolik

Saringan hidrolik pada backhoe loader berfungsi untuk menjaga kualitas oli hidrolik agar tetap bersih dari kotoran dan partikel-partikel lain yang dapat mengganggu kinerja mesin. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa saringan hidrolik secara berkala dan menggantinya jika sudah terlihat ada tanda-tanda keausan.

Jika saringan hidrolik tidak diganti secara teratur, maka kotoran dan partikel-partikel yang tertahan di dalamnya akan membuat oli hidrolik menjadi kotor dan berdampak pada kinerja mesin yang kurang optimal. Hal ini dapat mempercepat kerusakan pada komponen hidrolik dan menyebabkan kerusakan pada sistem hidrolik secara keseluruhan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa saringan hidrolik pada backhoe loader secara teratur dan menggantinya jika sudah terlihat ada tanda-tanda keausan. Dengan demikian, kualitas oli hidrolik tetap terjaga dan kinerja mesin backhoe loader dapat optimal.

11. Piston

Piston adalah salah satu komponen paling penting pada mesin backhoe loader. Piston berfungsi untuk mendorong gas dari ruang bakar ke crankshaft melalui gerakan naik turunnya. Pastikan piston selalu dalam kondisi yang baik dan diganti jika sudah terlihat ada tanda-tanda keausan atau kerusakan. Salah satu tanda-tanda piston rusak adalah kompresi mesin yang menurun, sehingga backhoe loader sulit untuk dihidupkan.

Penting untuk memilih piston yang sesuai dengan model dan spesifikasi mesin backhoe loader. Pastikan juga piston memiliki kualitas yang baik agar dapat memaksimalkan kinerja mesin dan menghindari kerusakan pada komponen mesin lainnya.

12. Kopling Hidrolik

Kopling hidrolik merupakan komponen penting pada backhoe loader yang berfungsi untuk menghubungkan sistem hidrolik dengan bucket dan arm. Kopling ini memungkinkan operator untuk mengoperasikan bucket dan arm secara efektif dan efisien.

Agar backhoe loader dapat berfungsi dengan baik, pastikan kopling hidrolik selalu dalam kondisi yang baik dan diganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik. Jika kopling hidrolik mengalami kerusakan atau kebocoran, segera perbaiki atau ganti untuk mencegah kerusakan pada komponen lain dari sistem hidrolik.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan pada kopling hidrolik secara berkala. Bersihkan kopling secara teratur dan pastikan tidak ada kotoran atau partikel lain yang menempel pada kopling. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang masa pakai kopling hidrolik dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan pada backhoe loader.

13. Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik berfungsi untuk menggerakkan alat berat pada backhoe loader seperti bucket dan arm. Pompa ini menggunakan oli hidrolik sebagai media untuk menghasilkan tekanan yang dibutuhkan untuk menggerakkan alat berat tersebut. Oleh karena itu, pastikan pompa hidrolik selalu dalam kondisi yang baik dan diganti jika sudah terlihat ada tanda-tanda keausan atau kerusakan. Jangan lupa juga untuk memeriksa tekanan oli secara berkala untuk memastikan pompa hidrolik bekerja dengan baik dan kinerja backhoe loader tetap optimal.

14. Kabel Gas

Kabel gas merupakan salah satu bagian penting pada sistem pengoperasian mesin backhoe loader. Kabel gas ini berfungsi untuk mengontrol akselerasi mesin dan memberikan tenaga pada alat berat ini. Seiring dengan penggunaannya, kabel gas dapat mengalami keausan dan kerusakan, sehingga perlu diperiksa secara berkala. Pastikan kabel gas selalu dalam kondisi yang baik dan terhindar dari aus atau patah untuk memastikan kinerja backhoe loader yang optimal. Jika terlihat tanda-tanda kerusakan pada kabel gas, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada mesin.

15. Rem

Rem pada backhoe loader adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan mengontrol kecepatan alat berat ini. Rem digunakan untuk menghentikan gerakan backhoe loader ketika diperlukan dan memperlambat kecepatannya agar tetap aman saat mengoperasikan alat berat ini.

Pastikan rem pada backhoe loader selalu dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik. Lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan kampas rem, rotor, dan cakram masih dalam kondisi yang baik dan tidak aus. Jika sudah terlihat tanda-tanda keausan, segera ganti untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dan memastikan keamanan saat mengoperasikan backhoe loader.

Kesimpulan

Daftar Spare Part Backhoe Loader – Dalam mempertahankan kinerja backhoe loader yang optimal, penting untuk memilih dan mengganti spare part yang sesuai dengan jenis dan model alat berat tersebut. Daftar spare part di atas adalah beberapa komponen penting yang sering dibutuhkan dalam perawatan dan perbaikan backhoe loader. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close