Continous Clarifier Tank (CCT)

cct%2B2

Continous Clarifier Tank (CCT)

Merupakan salah satu alat di pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Crude Palm Oil (CPO). Fungsi utama dari CCT ini adalah untuk memisahkan minyak CPO dengan kotoran dan air. CCT sendiri merupakan bejana berhubungan dimana pada bagian silinder yang besar adalah tempat pengutipan minyak, sedangkan pipa bagian kecil adalah tempat pengutipan sludge. Prinsip utama dari CCT adalah pemisahan dengan memanfaatkan berat jenis minyak, kotoran, pasir, air yang ada didalam CCT tersebut.

cct%2B1
Crude oil yang ada didalam CCT bekerja berdasarkan prinsip Hukum Stokes, dimana partikel-partikel seperti Pasir, air akan menuju ke bawah dan keluar melalui underflow,sedangkan minyak akan tetap berada di atas dan dilakukan pengutipan melalui oil wkimer.
Adapun beberapa bagian dari CCT sebagai berikut:

cct%2B3
1. Body CCT 
Terdiri dari 2 bagian yaitu bagian utama dan underflow, bagian utama adalah untuk pengutipan minyak CPO. Kenapa bagian utama harus lebih besar dan lebar, karena agar pemisahan minyak lebih cepat dan lebih bersih.
2. Inlet CCT
Inlet ini merupakan jalur utama untuk pengisian CCT dan pengisiannya harus berjalan secara continous agar retentions time (Waktu tunggu) bisa tercapai. Semakin lama retention time maka pembentukan minyak akan lebih bersih.
3. Elektro motor
Elektro motor berfungsi untuk menggerakkan pengaduk (stirer)
4. Stirer
Stirer (pengaduk) berfungsi untuk melakukan pengadukan secara contious dan perlahan, ini bertujuan agar pasir ataupun lumpur bisa terurai dan terpisahkan dari minyak cpo
5. Oil Skimer
Merupakan jalur pengutipan minyak cpo yang akan di proses ke tahap selanjutnya, standard ketebalan minyak di sini bisa di atur antara 30 cm sd 50 cm.
6. Oil Underflow
Merupakan jalur pengutipan sludge yang kemudian akan di proses ke tahap selanjutnya untuk melakukan pengutipan di sisa-sisa sludge tersebut
Read also  PERHITUNGAN UNTUK MENCARI DAYA MOTOR PADA POMPA