Apakah kita sudah Benar atau Salah..???

 

EAE t6yVUAEAFJM

 

Pembelajaran untuk diri kita sendiri adalah memulai sesuatu dengan mengambil keputusan. Kemana kaki kita akan melangkah, itu tergantung dari diri kita sendiri. Keputusan yang kita ambil terkadang bisa benar dan bisa juga salah. Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah ilmu kita bertambah.
 
Ketika langkah kaki sudah di tapakkan, maka teruslah bergerak sampai memahami makna dari keputusan yang kita ambil, terlepas dari benar atau salahnya. Jika memang kita sudah mengerti ini salah maka segeralah untuk menapakkan kaki ke arah yang lain. Dari sini saja ilmu kita sudah bertamabah dengan mengambil keputusan tersebut.
Dalam melangkah pastikanlah kita selalu memulai dengan meminta pada Allah sang penguasa. Begitulah hikmah kenapa Allah tidak memperlihatkan masa depan (ghaib) agar kita selalu memohon dan meminta petunjuk kepada-Nya.
Jika kita sudah melangkah dengan ijin-Nya, maka apapun hasil yang kita peroleh pasti akan membuahkan hasil yang manis. Walaupun di mata kita itu adalah sebuah kegagalan. Yang terpenting adalah jangan pernah berputus asa dari Rahmat-Nya.

 

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا


Artinya: “Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan,” – (QS.94:5)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا


Artinya: “Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS.94:6)

Begitulah Allah menjanjikan kita kemudahan setelah kita menghadapi kesulitan. Sesulit apapun masalah kita, jangan pernah berputus asa. Tetaplah maksimalkan usaha, ikhtiar & doa kita.
Wallau’alambissawab…
Read also  Motivasi Untuk Mengembalikan Semangat Berjuang