6 Jenis Mesin Vibrating Screen Pada Stone Crusher Plant – CV BAKTI

Vibrating Screen Stone Crusher

Sama seperti belt conveyor yang digunakan pada stone crusher plant dimana jenis belt conveyor yang digunakan adalah belt conveyor tambang.

Pada saat kita memutuskan untuk menggunakan mesin vibrating screen kita dapat menggunakan berbagai jenis mesin vibrating screen untuk membantu kita dalam menyortir batu agregat yang telah dihancurkan menggunakan mesin stone crusher dengan wiremesh screen ayakan batu.

Lantas apa yang memang membedakan satu jenis mesin vibrating screen dengan jenis mesin vibrating screen lainnya?

Inclined Vibrating Screen

Jenis mesin vibrating screen yang paling sering digunakan adalah jenis inclined vibrating screen. Mesin vibrating screen jenis ini akan memiliki sudut kemiringan sebesar 15 derajat hingga 30 derajat, sesuai kebutuhan kita.

Seluruh bagian mesin inclined vibrating screen akan bergetar dengan bantuan per pegas secara terus menerus dan akan menyebabkan batu agregat yang ada dapat bergerak lebih cepat karena adanya gaya gravitasi juga.

Desain mesin vibrating screen biasanya akan terdiri lebih dari satu deck sehingga kita dapat memasang lebih dari satu ukuran mesh wiremesh screen ayakan batu. Banyaknya deck pada mesin inclined vibrating screen adalah dua hingga lima tingkat.

Inclined Vibrating Screen

Pada dasarnya mesin inclined vibrating screen akan terdiri dari lima bagian utama yaitu:

– Penutup sisi mesin vibrating screen – Deck untuk meletakkan wiremesh screen ayakan batu – Wiremesh screen ayakan batu – Exciter vibrating screen – Motor elektrik – Pir pegas

Yang menjadi faktor paling penting dari mesin inclined vibrating screen adalah desain mesin vibrating screen yang tidak menggunakan proses pengelasan.

Setiap bagian vibrating screen dirakit dengan menggunakan prinsip sambungan baut dan mur untuk mencegah kerusakan yang biasanya dialami ketika kita menggunakan proses pengelasan.

Read also  Stasiun Press (Pengempaan)

Horizontal Vibrating Screen

Vibrating screen jenis horizontal vibrating screen merupakan desain mesin vibrating screen yang paling berbeda diantara jenis-jenis mesin vibrating screen lainnya.

lazy placeholderHorizontal Vibrating Screen

Hal yang paling berbeda yang dapat kita lihat adalah sudut kemiringan dari mesin horizontal vibrating screen. Jika pada mesin vibrating screen umumnya kita akan menggunakan sudut kemiringan antara 15 derajat hingga 30 derajat, namun pada horizontal vibrating screen kita hanya akan menggunakan sudut kemiringan antara 0 derajat hingga 5 derajat saja.

Banana Vibrating Screen

Banana vibrating screen memiliki bentuk yang melengkung dan dapat mencapai hasil penyaringan batu agregat sangat baik.

Vibrating screen jenis ini memiliki kapasitas yang besar dan dapat terdiri dari berbagai tingkatan deck wiremesh, mulai dari dua tingkat hingga enam tingkatan, dimana pada posisi terakhir bisa menggunakan sudut kemiringan 45 derajat atau 0 derajat.

Bagian teratas dari banana vibrating yang berupa tempat masuknya batu agregat memiliki sudut kemiringan yang tinggi sehingga memungkinkan batu agregat bergerak dalam kecepatan yang tinggi sehingga dapat memisahkan ukuran batu agregat yang kecil lebih cepat.

lazy placeholderBanana Vibrating Screen

Sedangkan pada bagian bawah banana vibrating screen batu agregat tidak akan bergerak secepat ketika di titik atas karena sudut kemiringan yang lebih landai, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan proses penyaringan lebih efektif dan efisien.

Kelebihan banana vibrating screen ini memungkinkan kita untuk menyaring ukuran batu agregat sesuai dengan ukuran kawat ayak wiremesh screen lebih cepat karena bentuknya yang menyerupai pisang membuat batu agregat dapat bergerak sangat cepat.

Kita juga dapat mengatur sudut kemiringan dari setiap wire mesh screen ayakan batu yang terpasang pada deck banana vibrating screen sesuai dengan kebutuhan kita.

Read also  Peran Penting Vibrating Screen Pada Pabrik Kelapa Sawit - Mesin PKS

lazy placeholder6 jenis vibrating screen

Dewatering Vibrating Screen

Desain mesin dewatering vibrating screen memang didesain agar kita dapat menyaring material yang memiliki sifat basah dan untuk mengurangi tingkat kelembaban dari sebuah material.

Sudut kemiringan dari wire mesh screen ayakan batu yang digunakan pada mesin dewatering vibrating screen umumnya hanya berkisar 5 derajat hingga 0 derajat.

lazy placeholderDewatering Vibrating Screen

Air yang berasal dari material yang basah akan dialirkan dengan bantuan dari getaran dan menyebabkan air tersebut mengalir ke sisi bawah permukaan wire mesh screen ayakan batu ketika material bergerak maju.

Karena kondisi kerjanya yang basah dan bersifat korosi, maka biasanyanya kita akan menggunakan pegas yang terbuat dari karet sehingga dapat membuat mesin vibrating screen menjadi lebih tahan lama.

High Frequency Vibrating Screen

High frequency vibrating screen didesain agar dapat memiliki kapasitas produksi yang lebih besar dan lebih efisien dibandingkan mesin vibrating screen pada umumnya. Getaran yang dihasilkan dari high frequency vibrating screen langsung diarahkan ke bagian wire mesh screen sehingga memungkinkan kita untuk mencapai kapasitas yang maksimal.

lazy placeholderHigh Frequency Vibrating Screen

Berbeda dari jenis mesin vibrating screen lainnya yang memberikan getaran hanya pada bagian kerangka mesin vibrating screen, pada high frequency vibrating screen getaran akan diberikan pada setiap tingkatan deck vibrating screen.

Getaran yang dihasilkan yang berkisar antara 3600 hingga 5000 RPM langsung diarahkan ke alat pengayak batu wiremesh screen, sehingga proses penyaringan batu dapat dilakukan lebih efektif, efisien, dan dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Grizzly Vibrating Screen

Untuk menyortir material dengan sifat yang kasar maka biasanya kita akan menggunakan jenis grizzly vibrating screen. Ciri-ciri utama dari mesin grizzly vibrating screen adalah terdiri dari beberapa batangan besi yang disusun secara paralel dengan jarak tertentu.

Read also  Mengenal Vibrating Screen Pabrik Kelapa Sawit

lazy placeholderGrizzly Vibrating Screen

Jarak yang membentuk lubang antara satu batangan besi dengan batangan lainnya biasanya lebih besar dari 50 mm dan bahkan dapat mencapai 300 mm. Biasanya mesin grizzly screen akan memiliki sudut kemiringan sebesar 20 derajat.

Kesimpulan

Peran mesin vibrating screen pada stone crusher plant memang sangat penting. Tanpa adanya mesin vibrating screen maka kita tidak dapat menyortir batu agregat yang kita hancurkan dengan mesin pemecah batu dengan baik.