1 Ton TBS Menghasilkan Berapa CPO?


1 Ton TBS Menghasilkan Berapa CPO – Sebelum membahas berapa banyak CPO yang dapat dihasilkan dari 1 ton TBS, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu CPO. CPO adalah minyak yang diekstraksi dari tandan buah sawit dan dianggap sebagai salah satu minyak nabati yang paling efisien dan produktif. Minyak kelapa sawit digunakan dalam berbagai industri, seperti makanan, kosmetik, dan bahan bakar.

1 Ton TBS Menghasilkan Berapa CPO?

Faktor-faktor yang Memengaruhi Produksi CPO

Untuk 1 ton TBS menghasilkan berapa CPO, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Secara garis besar ada 2 faktor yang paling berpengaruh:

Kualitas TBS

Dampak Larangan Ekspor CPO

Kualitas TBS sangat memengaruhi produksi CPO. Semakin berkualitas TBS yang diolah, semakin tinggi produksi CPO yang dihasilkan. TBS berkualitas tinggi memiliki kadar minyak yang lebih tinggi dan rendemen (jumlah minyak yang dihasilkan) yang lebih besar.

Ada 3 kriteria kualitas TBS yang di olah di pabrik Untuk 1 ton TBS menghasilkan berapa CPO:

1. TBS Mentah

TBS mentah adalah TBS yang dilihat dari warna brondolannya masih hitam sehingga tidak layak untuk di olah. Biasanya kualitas tbs mentah ini akan mendapatkan CPO yang sangat rendah. Untuk 1 ton TBS mentah rata-rata menghasilkan berapa 5% sd 7% CPO dari berat TBS tersebut

2. TBS Matang

Kondisi TBS matang ini menjadi idaman dari semua pemilik pabrik karna akan mendapatkan CPO yang maksimal yaitu sekitar 20% sd 30%.

3. TBS Busuk

Kondisi tbs di mana bonggol bagian dalam sudah terlihat pembusukan sehingga ketika di olah malah akan merusak kualitas CPO di karenakan meningkatnya kadar FFA CPO tersebut. Untuk jumlah CPO yang dihasilkan juga hampir sama dengan TBS matang sekitar 19% sd 22%

Jenis Bibit TBS yang di olah

Ada beberapa jeis Bibit TBS yang di Olah ataupun di tanam oleh perusahaan ataupun masyarakat sseperti Tenera, Dura, Psipera ketiga jenis bibit ini memiliki perbedaan di besarnya inti (Nut Kernel) dan jumlah serabut yang menyimpan minyak.

1. Tenera

Tenera adalah hasil persilangan antara varietas Dura dan Pisifera. TBS Tenera memiliki jumlah buah yang lebih banyak dibandingkan dengan Dura atau Pisifera, dan menghasilkan minyak sawit dengan kualitas yang baik. Selain itu, Tenera juga memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit dan kondisi lingkungan yang ekstrem. Karena karakteristiknya yang unggul, varietas Tenera banyak dibudidayakan di berbagai negara produsen kelapa sawit. Untuk 1 ton TBS menghasilkan berapa CPO sekitar 22% sd 27%

2. Dura

Dura adalah varietas kelapa sawit asli Afrika yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang kering dan lebih kuat terhadap serangan hama. Meski menghasilkan jumlah TBS yang lebih sedikit dibandingkan Tenera, Dura memiliki brondolan yang lebih besar dan menghasilkan minyak sawit dengan rasa yang lebih khas dan lebih sedikit. Dura umumnya digunakan sebagai induk dalam pembuatan varietas Tenera. Untuk 1 ton TBS menghasilkan berapa CPO sekitar 18% sd 22%

3. Pisifera

Pisifera adalah varietas kelapa sawit yang memiliki jumlah buah yang sedikit dan menghasilkan minyak sawit dengan jumlah serabut yang lebih banyak di bandingkan dura dan tenera sehingga mampu menghasilkan CPO yang lebih banyak. Pisifera umumnya digunakan sebagai induk dalam pembuatan varietas Tenera karena kelemahan pada karakteristiknya. Pisifera jarang dibudidayakan secara komersial karena rendahnya produksi dan kualitas minyak sawit yang dihasilkan. Untuk 1 ton TBS menghasilkan berapa CPO sekitar 22% sd 30%

Kondisi Pabrik Kelapa Sawit

Kondisi pabrik juga berpengaruh terhadap produksi CPO. Pabrik yang baik dan modern dapat meningkatkan efisiensi pengolahan TBS menjadi CPO, sehingga menghasilkan jumlah CPO yang lebih banyak. Jika pabrik terdapat banyak losses pada setiap titik kontrolnya tentu akan mengurangi produksi CPO yang di hasilakn. Standards Losses CPO di Pabrik Kelapa Sawit rata-rata di angka 1%

 

Berapa Banyak CPO yang Dapat Dihasilkan dari 1 Ton TBS?

Jumlah CPO yang dapat dihasilkan dari 1 ton TBS bervariasi tergantung pada faktor-faktor di atas. Namun, secara umum, 1 ton TBS dapat menghasilkan sekitar 20% – 23% CPO. Artinya, setiap 100 ton TBS dapat menghasilkan sekitar 20-23 ton CPO.

 

Menghitung Jumlah CPO yang Dihasilkan dari TBS

Jika Anda ingin menghitung berapa banyak CPO yang dapat dihasilkan dari jumlah TBS tertentu, berikut adalah rumus yang dapat digunakan:

Jumlah CPO = Jumlah TBS x R / 100

R di sini adalah persentase rendemen CPO yang diperoleh dari TBS.

 

Namun dalam mencari rendemen CPO ini ada beberapa langkah yang harus di lakukan:

  • Tentukan volume tandan buah segar (TBS) yang masuk ke pabrik.
  • Hitung rendemen CPO yang dihasilkan dari TBS. Rendemen adalah persentase dari berat TBS yang diubah menjadi CPO. Rumusnya:

    Rendemen CPO = (Berat CPO yang dihasilkan / Berat TBS) x 100%

    Berat CPO yang dihasilkan dapat dihitung dengan mengurangi berat tandan buah kosong (TKKS) dari berat TBS.

  • Tentukan volume CPO yang dihasilkan dari rendemen dan volume TBS yang masuk ke pabrik. Rumusnya:

    Volume CPO = (Volume TBS x Rendemen CPO) / 100

    Volume TBS yang masuk ke pabrik diukur dalam meter kubik (m3).

  • Hitung berat CPO yang dihasilkan dari volume CPO dengan menggunakan densitas CPO. Densitas CPO bervariasi tergantung pada suhu dan tekanan, namun umumnya berkisar antara 0,91 – 0,93 kg/L.

    Berat CPO = Volume CPO x Densitas CPO

    Berat CPO dihitung dalam kilogram (kg).

Note: Masing-masing Storage tank atau tanki timbun memiliki faktor koreksi yang berbeda-beda, dimana nilai ini didapatkan dari hasil pengukuran meteorologi.

 

Jadi 1 Ton TBS Menghasilkan Berapa CPO? secara perhitungan lab ataupun analisa material balance itu bisa mendapatkan 25% sd 30% CPO tonase TBS, namun ada banyak faktor yang mempengaruhi perolehan tersebut. Setiap pabrik atau perusahaan menghasilkan nilai yang berbeda-beda dari setiap proses yang di lakukan. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close